-->

Ciri-Ciri Qolbun Maridh (Hati Yang Sakit)

Sukaraja.com - Ciri-Ciri Hati Yang Sakit Atau Qolbun Maridh, Selamat Pagi Masbrur, Selamat menjalankah Ibadah Puasa Ramadhan di hari ke 15 ya.. semoga Ibadah Puasa kita di Terima Alloh SWT Aamiin. kali ini Izinkan saya berbagi tentang Ciri-Ciri Hati Yang Sakit.

Bukan Penyakit lahiriah ya masbrur, tapi Penyakit ini tidak Tampak meski sudah di periksa oleh dokter Ahli no 1 di dunia sekalipun, bahkan ketika kita bercermin pun penyakit ini tidak akan tampak.

Lah jadi bagaimana kita bisa tau kalau hati kita tengah Sakit atau Maridh ??

Setidaknya ada 5 Ciri yang bisa kita kenali ketika hati kita sedang sakit, kalau sakit hati karna di putusin saya gak faham masbrur :p, atau kalau ciri-ciri sakit hati (Liver) masbrur bisa brosing dan ada lebih dari 22 juta orang yang membahas itu, tapi ketika masbrur mencari Ciri-Ciri Qolbun Marid, akan rada butuh waktu untuk mencarinya.

  1. Riya' (Ingin di puji Orang lain Ketika Melakukan Kebaikan) ciri yang pertama adalah ada rasa mengharapkan sesuatu selain dari Yang Maha Memberi, seperti ingin terlihat baik di hadapan calon mertua ketika bersedekah, ingin di puji dermawan, dan sebagainya.
  2. Hasad ( Iri Hati) Ciri Kedua ialah ketika kita selalu merasa kurang dan orang lain lebih baik dari kita yang akhirnya berusaha untuk mencelakakan orang yang lebih dari kita dalam segala hal. ini juga termasuk Ciri Hati kita Tengah sakit loh. jadi sebaiknya kita segera cari obatnya ya masbrur.
  3. Ghibah ( Membicarakan Keburukan Orang Lain) ini yang paling sering kita alami tapi kita sendiri jarang sadar kalau kita sudah melakukan yang namanya Ghibah. apalagi kalau cewek, aduuuh ini nih godaan terberat, sebab setiap ngobrol dengan temen akan susah untuk menghindari perkara satu ini.
  4. Takabur ( Sombong ) kebanyakan orang akan bilang kalau sombong itu tidak ada obatnya, memang pada kenyataannya Sifat Sombong itu sangat sulit untuk disembuhkan. tetapi bukan berarti tidak bisa disembuhkan ya masbrur, setiap penyakit ada obatnya. begitu juga dengan penyakit hati yang satu ini.
  5. Serakah ( Thoma' ) atau kalau kita sering bilang itu Tamak, artinya orang yang selalu menginginkan lebih, tidak pernah cukup akan apapun yang di peroleh, hatinya selalu ingin memiliki segalanya, termasuk kalau bisa seluruh bumi dan isinya.

Sidang pembaca yang Di Rahmati Alloh, eheem gayanya kayak ustadzah, padahal bukan yak... :p, 
saking pentingnya masalah hati ini, sehingga di bahas juga dalam Al-Qur'an yang artinya :  “Agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan setan, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang keras hatinya.”[QS. Al-Hajj:53].

Karena sesungguhnya apa yang disisipkan oleh setan kedalam hati manusia itu, akan membuat sesuatu menjadi syubhat (sesuatu yang meragukan), seperti penyakit ragu dan sesat. Begitu hati menjadi lemah karena penyakit yang diidap, maka setanpun mudah merasuk kedalam hati lalu menghidupkan fitnah dalam hati tersebut. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: Sesungguhnya jika tidak berhenti orang-orang munafiq, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di madinah (dari menyakitimu) niscaya kami perintahkan kamu (untuk memerangi) mereka. Kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu (di madinah) melainkan dalam waktu yang sebentar.”[Al-Ahzab:60].

Namun demikian hati orang-orang yang seperti itu belumlah mati sebagaimana hati orang-orang kafir dan orang-orang munafiq, akan tetapi bukan pula hati sehat, seperti sehatnya hati orang-orang yang beriman. Sebab di dalam hati mereka terdapat penyakit syubhat dan syahwat. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Sehingga berkeinginanlah orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya.“[QS. Al-Ahzab:32].

Banyak ya masbrur, ada 3 surat yang membahas masalah Hati Yang Sakit ini, Karna Memang Baik dan Tidaknya Seseorang bewaral Dari Hati.

Jadi Jagalah Hati
Jangan kau Nodai
Jagalah hati Lentera Hidup Ini

lanjut mang... kiiki.

Untuk itu, sering-sering instrospeksi diri yuk biar hati kita jadi semakin bersih, dengan mengurangi sedikit-demi sedikit kelima Ciri - Ciri Dari Qolbun Maridh diatas.

MayBe You Also Like