-->

Boleh Kah Tayamum Di Kereta Api

Boleh Gak Sih Tayamum di Kereta? Boleh gak hayoo? Nah bagi masbrur yang sering bepergian menggunakan angkutan umum yang satu ini, pasti sempat mengalami kan kereta belum berhenti Padahal sudah masuk waktu sholat?

Biasanya kejadian seperti ini akan membuat sebagian orang jadi bingung, bingungnya kenapa? Ada yag bilang kalau Tayamum di kereta itu tidak boleh karena masih ada aslinya berupa Air, sedang Tayamum itu sebagai penganti (badal) dari air tersebut.

Memang dalam Al Maidah Ayat 6 dijelaskan bahwa Tayamum itu boleh dilkukan jika kita sudah berusaha mencari air tapi tidak ketemu. Nah baru Tayamum boleh dilakukan.


Bagi orang yang melarang Tayamum berpendapat bahwa di dalam toilet kereta masih bisa ditemukan air yang Biasanya dalam ember,  artinya Tayamum tidak boleh dilakukan.

Sedangkan bagi yang membolehkan mengatakan kalau dirinya sedang dalam keadaan musafir jadi di berikan rukhsoh atau keringanan untuk menjamak sholat atau untuk bertayamum.

Kenapa harus bertayamum? kan ada air di kereta! Benar.. air Memang ada, tetapi hanya cukup untuk membasuh beberapa bagian saja, selain itu kita juga tidak tau, suci dan tidaknya air tersebut, karna banyak orang yang menggunakan toilet tadi dan hukum air tadi berubah atau tidak.

Karna air suci itu belum tentu mensucikan, maksudnya bagaimana? jika masbrur membaca bab Thoharoh maka akan ada bagian yang membahas jenis-jenis air, diantaranya


  1. Air  suci dan mensucikan (Mutlak), air seperti ini boleh digunakan untuk berwudhu
  2. Air suci tapi tidak mensucikan, air seperti ini tidak bisa digunakan untuk wudhu.
  3. Air Mutanajis, air ini tidak bisa digunakan untuk bersuci karena terkena najis dan volumenya kurang dari 2 qullah


Jadi jika di kereta airnya tidak memenuhi syarat utuk wudhu apa masih harus dipaksakan? Tentu tidak bukan?.  Nah kesimpulannya tergantung masbrur yakinnya bagaimana? Mau menunda sholat atau bertayamum. Kalau kereta berangkat setelah waktu sholat maka sebaiknya sholat dahulu.

Yang jelas tidak boleh itu tidak sholat 😂 toh di trima dan tidaknya sholat kita Hanya Yang Maha Melihat yang Tau.

MayBe You Also Like