-->

Tips & Trik Menghilangkan Racun Pada Gadung

Tips & Trik – Tau kan Apa itu Gadung Masbrur? Tapi apa Masbrur juga tau, Bagaimana Cara Mengolah Gadung Agar Racunnya Hilang dan Aman Untuk Di Konsumsi? Kalau belum tau dan masih ragu, yuk sama-sama kita baca, agar masbrur juga mbaksis tidak keracunan Gadung bukan gudang ya kikiki.

Tananaman Gadung umumnya tumbuh subur di iklim tropis seperti Negara Kita Tercinta ini, jadi bisa mudah kita temui, tak jarang Gadung ini juga di jadikan bahan makan Masyarakat ketika terjadi Kekeringan, atau saat paceklik.
Baca : Tips dan Trik Membuat Sambal Macang
Dalam Keadaan serba sulit gadung ini seringkali mengisi perut masyarakat kalangan bawah, dan bagi yang belum berpengalaman mengolahnya tak jarang yang terkena efek racun yang ada pada Gadung, semakin tua Gadung itu semakin tinggi Kadar Racunnya.

Efek Racun Tanaman Gadung 

Kenal Sianida kan ? itu tu, racun yang di tuangkan dalam kopi Seorang Wanita Muda yang kasusnya sampai bertengger di Layar Kaca bahkan berbulan-bulan. Yup Sianida ini memang racun yang mematikan saking bahayanya tidak di perdagangkan dengan bebas. Nah pada tanaman Gadung atau (Dioscorea Hispida Dennst) racun itu lebih di kenal dengan nama Asam Sianida (HCN), wew denger namanya aja sudah ngeri kan masbrur.

Selain Asam Sianida ada juga Dioskorin yang juga tak kalah mematikan loh, Bagi orang yang keracunan Gadung ini akan mengalamai Gejala diantaranya
Baca : Tips dan Trik Mengolah Jantung Pisang
Tanda Keracunan Ringan
  • Pusing
  • Mual-mual
  • Nafas Terengah-engah
Tanda Keracunan Sedang
  • Kehilangan Kesadaran
  • Muntah-muntah
  • Kulit Membiru
Tanda Keracunan Berad
  • Gangguan Pernafasan
  • Kematian
Nah Kalau sudah Tau bahaya racun dalam Gadung maka kita harus hati-hati dalam mengolahnya, kalau cara pengolahan Gadung benar Maka Gadung bisa jadi Aneka Makanan yang lezat.

Aneka Olahan Makanan Dari Gadung

Kebanyakan orang akan membuat gadung jadi Keripik Gadung, meski ada juga sih yang kemudian di jadikan tepung dan di buat beraneka jenis kue. Yang pasti aman kok kalau di konsumsi, asal pengolahannya benar, berikut diantaranya:
  1. Ceker Ayam Tepung Gadung
  2. Stiek Gadung
  3. Kue Bawang
  4. Risoles Gadung
  5. Gadung Ceria
  6. Sus Gadung
  7. Gadung Isi Abon
  8. Gadung Kelapa Bakar
  9. Black Forest Gadung
  10. Kutubi
  11. Cumi Gadung Asin
  12. Emping Gadung
  13. Gadung Cokelat
  14. Cenil Gadung
Dan masih Banyak lagi, kalau mau resep Olahan diatas, sabar ya… nanti saya update kiki.
Baca : Tips dan Trik Mengolah Ikan Lele
Tips & Trik Mengolah Gadung

Tipsnya gak banyak sih mbaksis, setelah gadung di buang kulitnya dan di iris tipis-tipis Campur Dengan Abu Gosok dan Diamkan Selama Semalaman, lebih lama lebih bagus sesuaiin aja waktunya.

Setelah semalaman lebih di campur dengan abu gosok, cuci dengan air sampai bersih, kemudian jemur sampai kering.

Setelah kering bisa langsung di goreng jadi keripik atau di tumbuk jadi Tepung Gadung. Faham kan mbaksis, Oke karna sudah di tulis Tips nya, selamat mencoba ya mbaksis. Semoga bermanfaat.



MayBe You Also Like