-->

Tips Dan Trik Membuat Sambal Macang

Tips & Trik - Sebelumnya Mbaksis tau belum apa itu Sambal Macang? kalau macan pasti tau kan..? Macan = Harimau, kalau Macang itu beda lagi ya mbaksis, Sejenis buah, dan kata Macang ini hanya akan mbaksis jumpai di sumatera saja kalau di wilayah lain mungkin namanya beda lagi, untuk kali ini mari kita bahas Tips dan Trik Membuat Sambal Macang, kenapa tips triknya kalau caranya pasti mbaksis sudah tau. 

Kikiki kirain sudah tau cara buat sambal macang nya, ternyata belum to, ok, nanti sedikit saya ulas, tetapi sebelum itu mari berkenalan dengan si buah macang ini. 

Buah Macang 
Buah macang ini punya aroma yang cukup menyengat hidung meski dalam radius yang cukup jauh, dan pasti menggoda untuk di nikmati. baunya aja sudah enak masbrur apalagi buahnya, ya gak hihihi. 

sumber gambar : Wikipedia.com
Sedangkan menurut Wikipedia Buah Macang itu Pohonnya besar berbatang lurus, dapat mencapai 30-35 m. Kulit kayunya coklat sampai coklat kelabu tua, memecah beralur dangkal. Bila dilukai (semua bagian tanaman) mengeluarkan getah bening kelabu keputihan, yang lama-lama menjadi kemerahan dan menghitam. Getah ini tajam, gatal dan dapat melukai kulit (terutama selaput lendir). Tidak memiliki banir (akar papan).

Sumber Gambar: matajurnal.com
Daun agak kaku dan serupa kulit, bertangkai panjang kaku 1,5 – 8 cm, lembar daun kurang lebih berbentuk jorong memanjang, 9-15 × 15–40 cm, gundul dan hijau tua. Kalau Nama Keren Buah Macang itu Mangifera foetida. 
Sudah kenal kan dengan yang namanya Macang? sekarang kita Bahas Tips Membuat Sambal Macangnya, emang enak ris? yaaaaah masbrur... kalau sudah ngrasain sambal macang pasti nanti suka. 

Tips Membuat Sambal Macang

Tipsnya gak banyak kok, cuman Ketika akan di campur dengan sambal usahakan di 

iris kecil-kecil dulu macangnya, 

karna kalau kita iris gede-gede nanti susah waktu halusin, dan jadinya juga kurang menarik, beda kalau di iris kecil-kecil. 

Mudah kan mbaksis tipsnya, nah sekarang cara buat sambal macangnya juga gak susah kok, 

Bumbu : 

Cabai Merah 2 atau 3, 
Cabai rawit 10 atau disesuaikan 
Bawang Merah 2 siung
Bawang Putih 1 Siung
Garam 1 Sendok teh
Gula 1 Sendok teh
Campurannya bisa di sesuaikan ya mbaksis, kalau sudah bumbunya di goreng sebentar sampai agak layu kecuali garam sama gula, baru nanti di haluskan. setelah halus langsung campur dengan Irisan Macangnya

Taruh dalam Mangkok Kecil dan Sambal Macang siap di hidangkan bersama Nasi hangat :) selamat mencoba ya mbaksis. semoga lidahnya cocok dengan makanan Sumatera :). 


MayBe You Also Like