-->

Hijjul Fuqara Wal Masakin

Hijjul Fuqara Wal Masakin  | Sidang Pembaca Yang Terhormat, eheeem lagaknya jadi seorang khotib masbrur, kan kalau khotib itu harus laki-laki dan di sholat Jum'at, nah rasanya pengen sesekali pakai bahasa beliau kiki. Kita Lanjut ya ? Sidang Pembaca Yang Di Rahmati Alloh, tidak terasa kita sudah ada lagi di hari Jum'at, hari yang bagi sebagian orang biasa-biasa saja, tetapi Jadi Hari Yang Luar Biasa Bagi sebagian yang lain.
 
Ask Me Why kikiki, kalau sebabnya Kenapa, pasti sebagian besar dari masbrur juga mbaksis tau, apalagi yang pernah belajar di Pesantren, Sudah Sepenuhnya Faham akan Keutamaan Dari Hari Jum'at, kalau masbrur masih belum tau silahkan tanya ke ustads atau ustadzahnya masing-masing, dan kalau tidak sempat, ada banyak sekali Keutamaan Hari Jum'at di bandingkan dengan hari lain ini. 

Kalau yang di tulis sebagian orang, ada yang menulis 9 Keutamaan Hari Jum'at, ada juga yang menulis 13, nah hari ini saya cuma ingin membahas 2 Saja Keutamaan Hari Jum'at tapi bayak orang yang tidak atau belum tau keutamaan yang kedua. 

1. Sayyidul Ayyam 

Bukan ayam unggas ya.. ini bahasa Arab dari Hari, jadi kalau kita ambil arti secara harfiahnya Sayyidul Ayyam berarti Penghulu Hari-hari, dikatakan penghulunya hari karna hari jum'at merupakan hari terbaik untuk melakukan Ibadah Kepada Sang Pencipta.

Bukan hari yang paling serem kaya di film-film horor ya mbaksis, "baaang satenya bang" kiki, kan kalau di film tuh, ada "Malam Jum'at Kliwon" biasanya pada nongol deh tuh segala macem setan. mulai dari sundel bolong, kuntilanak, genderuwo, dll. itu mah cuma persepsi mereka aja, kalau jin mau nongol hari apapun bisa. 

Selain karna Hadits dari Abu Hurairah RA dari Nabi SAW beliau bersabda:

"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at." (HR Muslim)

Pada hari Jum'at juga merupakan hari dimana :

Wafatnya Nabi Adam A.s
Awal kehancuran alam semesta(Kiamat)
Terdapat waktu mustajabah untuk berdoa.

Jadi Kaum Muslimin di wajibkan untuk beribadah pada hari Jum'at ini bahkan saking wajibnya jadi Fardu Ain. 

2. Hijjul Fuqara Wal Masakin

Kenapa dimaksudkan dengan Hijjul Fuqara Wal Masakin ? mari kita lihat definisanya terlebih dahulu, Hijjul Fuqara Wal Masakin Berarti Hajinya Para Faqir dan Miskin, kalau sudah masalah Haji berarti sudah faham kan kalau butuh biaya banyak untuk bisa berangkat menunaikan Ibadah Haji di Tanah suci ini. 

Sesutu yang Mustahil bagi kebanyakan Orang Faqir dan Miskin, jangan kan untuk ber Haji, Untuk Makan sehari-hari saja Beliau harus bersusah payah, bahkan sering kali tidak makan. apalagi harus berhaji, kecuali mereka yang di berangkatkan Pejabat atau orang dermawan lain. 

Nah inilah Salah Satu Sifat Rahman Dan Rahim Nya Alloh masbur, dijadikannya Hari Jum'at Sebagai Hari dimana mereka para Faqir dan Miskin bisa Berhaji. sehingga bukan hanya orang mampu saja yang bisa berhaji. 

Bagaimana Caranya Para Faqir dan Miskin Bisa Berhaji? 

(عن ابن عباس مرفوعا : " الجمعة حج المساكين " وفي رواية : " حج الفقراء " . ( رواه مسلم

dari ibnu abbas secara marfu' (tersambung sanadnya sampai kpd Rasulallah) : " Sholat Jum'at adalah Hajinya orang2 miskin" dan dalam riwayat lain "(sholat Jum'at) Hajinya kaum faqir" (HR Muslim).

Dalam Hadits diatas dijelaskan bahwa Dengan Menghadiri Sholat Jum'at maka secara Otomatis Para Faqir Sudah Mendapat pahala Sebagaimana Orang yang Berhaji Ke Ka'bah. 

Jadi masbrur, yang masih belum mampu Berhaji Ke Baitulloh, maka Sholat Jum'atlah, agar engkau bisa berhaji layaknya mereka. Sidang Pembaca Rohimakumulloh, semoga sedikit tulisan ini bisa memberi manfaat bagi kita semua. 

kepasar beli tomat
jangan lupa bawa tempat
karna hari ini sudah jum'at
jangan lupa sholat jum'at

sumber :
http://masjidakmaliah.blogspot.com/2014/09/yaumul-jumah-di-sebut-sayyidul-ayyam.html
http://noternative.blogspot.com/2013/05/sholat-jumat-hajjinya-fuqara-masakin.html



MayBe You Also Like