-->

Pesona Laut Indonesia Selalu Membuat Kagum

Pesona Laut Indonesia Selalu Membuat Kagum, Kalau sudah bicara masalah laut, tidak ada lagi yang terlintas selain kesedihan, bukan karna laut Indonesia tidak indah ya masbrur.. tapi karna keindahannya yang bahkan di kagumi se bagian besar Penduduk Dunia.

Apalagi beribu Species Ikan dan Terumbu Karang yang memang hanya bisa masbur jumpai di lautan Indonesia. pendek kata buat menggambarkan Lautan Indonesia itu adalah "Syurganya Laut Dunia" tak terhitung pantai yang mempesona dan pasti belum bisa di kunjungi oleh Penduduk Indonesia Sendiri, saking banyaknya.

Termasuk saya.. dari kecil belum pernah mencium aroma angin pinggir pantai atau merasakan asinnya air laut sambil berenang melihat ikan ikan yang hilir mudik seolah mengajak berenang mereka yang melihat. 

Belum lagi Pesona Bawah Laut Indonesia nya yang membuat wisatawan mancanegara sekalipun, tak kan buru-buru meninggalkan Syurga Bawah Laut Indonesia. bahkan rela tiap tahun menempuh perjalanan panjang untuk bisa kembali lagi. 

Terkadang ketika Sahabat Blogger Meng Eksplor Keindahan laut di sekitarnya rasanya ingin menangis.. sambil terus berangan-angan.. kapanlah bisa menjelajahi seluruh pantai indonesia  seperti Mz Himawan dengan tripofmine.com Misalnya.. yang hampir tiap bulan bisa pergi ke pantai seputar Jawa.
Baca Juga : Daftar Ikan Yang Tidak Boleh Ada Di Indonesia , Balada Lelaki Sholehah
Atau Bebeb Tuteh dengan tuteh-pharmantara.blogspot.com yang hanya 10 menit saja sudah sampai di Pantai Ende.. Nusa Tenggara, terus pamerin Foto Lagi Snorkeling.. :( :( bikin ngiri aja nih bebeb. bagi masbrur atau mbaksis yang sudah sering ke pantai mungkin its ok lah, tapi bagi saya terus terang bikin baper pakai banget. sampai seumur ini belum pernah sekalipun boleh pergi-pergi jauh. paling seputar rumah doang :(. aaaaaa kapan bisa ke pantai....??? biar sekalian mewek yuk kita cari tau  10 Pantai Bawah Laut Indonesia yang di gandrungi Warga Dunia. 

TOP 10 PANTAI BAWAH LAUT INDONESIA
1. Bawah Laut Raja Ampat  

Raja Ampat bukan cuma indah di atas permukaan lautnya saja lho masbrur.. bawah lautnya juga jadi syurga pantai bawah laut. terutama di dominasi dengan terumbu karang langka dan species ikan nya yang ribuan .. jadi kalau mau snorkeling di sini masbrur akan sangat bersemangat. gak percaya nih fotonya 



Foto: Hipwe
Terletak di Papua Barat dengan luas : 40.000km berada di Kordinat 0°47′13,7″LU 130°33′43″BT , sangat jauh kalau dari sumatra. 

2. Bawah Laut Togean

Tak kalah memukau bawah laut pantai togean juga punya daya tarik tersendiri, berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una. Kordinat 00o07’43’’-00o65’06” LS dan 121o.51’63’’-1220.44’00” BT, dengan luas 755km.



Foto Youtube.

3. Bawah Laut Bunaken

Dengan Luas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado



Foto : Welcome

4. Bawah Laut Takabonerate

Taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia,  setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.



Foto : Blog Ivacanza

5. Bawah Laut Derawan

Terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter. Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.


Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, di antaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).



Foto: ngulon.com

6. Bawah Laut Kepulauan Seribu

Kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT sebelah utara Jakarta. Secara administratif kawasan TNKpS berada dalam wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, tepatnya di tiga kelurahan yaitu Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan


Foto: Rizqunatourmagelang.com

7. Bawah Laut Tulamben

Pantai yang berada di bali ini menyajikan view seperti sedang menelusuri sejarah peperangan dan menemukan banyak bangkai kapal dan patung, terletak di bagian utara pulau Bali dan bersentuhan langsung dengan laut bali serta berada di kaki gunung Agung. sekaligus salah satu daerah yang menjadi jalur aliran lahar pada saat gunung Agung meletus pada tahun 1963. Itu pula sebabnya, saat ini, Kecamatan Kubu menjadi daerah tambang pasir dan menjadi pemasok utama untuk memenuhi kebutuhan pasir dan material batu untuk wilyah Bali bagian Barat meliputi Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Negara



Foto: Travelingyuk.com

8. Bawah Laut Banda

Jika masbrur bermain ke banda maka jangan lupa menyelam ke salah satu palung terdalam di Indonesia ini, dengan kedalaman lebih dari 7000 m. Palung yang terbentuk dari pertemuan 3 lempeng bumi ini (lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia , dan lempeng Pasifik) tetapi harus hati-hati karna sering terjadi gempa dengan skala yang kuat.



Foto: Okezone

9. Bawah Laut Wakatobi

Salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.



Foto: Youtube

10. Bawah Laut Karimun Jawa

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun



Foto: Manusialembah.com
Sudah pernah kesalah satu Pantai diatas masbrur?.. atau malah sudah semuanya? itu 10 Pantai bawah laut yang jadi primadona wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. tetapi masih ribuan pantai lain yang juga indah dan berada di laut Indonesia.

Jadi Silahkan di eksplor seluas luasnya ya masbrur pemburu lautan xixixi. saya cuma bisa do'akan semoga selamat sampai tujuan dan kembali kerumah juga dengan selamat  :p. 

MayBe You Also Like