-->

3 Kesalahan Saat Idul Adha Yang Sering Kita Lakukan

Religi, 3 Kesalahan Saat Iedul Adha Yang Sering Kita Lakukan, sadar gak sadar ternyata 3 mistake at Ied Adha ini sering kita lakuin lho masbrur.. bahkan hampir sebagian besar tidak sadar akan hal ini.

Bisa nebak apa saja kira kira 3 Kesalahan saat ied ini? Coba di fikirkan lagi, kalau salah mohon dikoreksi ya.. masbrur dan mbaksis.

Kesalahan Pertama Saat Ied Adha

1. Saat Sholat Ied


Saya yakin masbrur dan mbaksis pasti pernah ikut Sholat Ied Adha di lapangan, Masjid, Atau di tanah Lapang, tapi sadarkah kita kalau ternyata ada Kesalahan fatal yang kita lakukan dan ternyata membatalkan Sholat kita yang cuma ada 1 tahun sekali ini, dan belum tentu kita jumpai tahun depan.

Apakah Kesalahan itu? Yup Mendahului Gerakan Imam Sholat. Terkadang karna banyaknya jama'ah yang berkumpul untuk melaksanakan Sholat Ied sampai sampai berebut untuk meninggalkan masjid dan Mendahului imam saat Salam terakhir.

Imam baru mengucapkan "Assalamu'alaikum" kita sudah mengengok kesebelah Kiri. Ini sudah pasti Sholat kita batal.. kan sayang cuma setahun sekali dan ternyata malah batal sholatnya.

Meski begitu yang jadi imam juga jangan tidak ada aturan, maksudnya usahakan tidak di dahului oleh makmum, lebih dulu menoleh ke kanan baru mengucap salam setelah selang beberap detik, jadi makmum tetap tidak Mendahului.

Kesalahan Kedua Saat Ied Adha

2. Menunda Waktu Sholat


Ketika Sholat ied biasanya akan banyak sekali orang yang datang dan waktunya kadang tidak bersamaan, nah untuk menunggu jamaah memenuhi masjid  biasanya akan diadakan semacam acara atau apalah. Kadang disisipi unsur politik karna jamaah yang banyak.

Dan ini terjadi bukan hanya saat ied tapi pada Sholat fardhu juga, bukannya segera melaksanakan sholat malah di buatkan pembawa acara dan diisi sambutan yang sebenarnya bukan pada tempatnya.

Ini bukan acara resepsi yang harus ada sambutan pemerintahan, semua status sama "jama'ah Sholat" tidak ada kepala desa, kepala daerah, istri pejabat, semua sama di dalam Masjid siapa yang datang Pertama boleh ambil shaf terdepan.  dan untuk melaksanakan Ibadah, kalaupun di berikan wawasan untuk mengingatkan tentang cara pelaksanaan Sholat sih masih oke, dan saya yakin tidak memakan waktu lama. Ini sampai berjam jam haduuh..

Kesalahan Ketiga Saat Ied

3. Pembagian Daging Kurban


Niatnya baik masbrur berbagi Daging kurban untuk faqir miskin yang belum tentu selama setahun bisa makan Daging. Hanya saja pelaksanaan yang membuat sedih, bagaimana tidak sedih, tak jarang Pembagian Daging kurban jadi ricuh dan menyebabkan hilangnya nyawa.

Anak balita di bawa ikut ngantri dengan harapan orang mengalah eeh taunya malah terhimpit saat desak desakan ngantri, kan gak seep kalau gitu masbrur.

Coba masbrur lihat di desa desa, ada gak wanita tua yang terinjak injak saat ngantri Daging kurban? Atau anak kecil yang menangis kepanasan dan terhimpit saat ibunya ngantri?

Tidak ada... kenapa? Apa tidak ada yang berkurban di mushola dan di masjid?. Banyak bahkan hampir tiap mushola ada yang berkurban. Lalu kok bisa gak pernah ada kejadian seperti diatas?

Jawabannya simpel masbrur, KARNA DAGINGNYA DIANTAR KERUMAH FAQIR MISKIN OLEH PANITIA, itulah tugas PANITIA kurban, setiap mushola mendata siapa saja yang berhak mendapat Daging kurban dan setelah siap, Daging DIANTAR ke rumah langsung, tak ada yang tidak kebagian dan yang terinjak injak, apalagi sampai meninggal.

Semoga kita semua semakin baik di mata Allah dan membuang semua sifat sombong juga kebencian kita ya masbrur.. karna harta itu kecil, suami juga kecil, anak juga kecil, prestasi juga kecil, jabatan juga kecil, gelar juga kecil yang besar hanya Allah.

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laillahaillallah hu Allah hu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamdu.

MayBe You Also Like