-->

Susunan Acara Muhadhoroh

Religi- Susunan Acara Muhadhoroh, hayooo pada tau gak apa itu muhadhoroh...? bagi masbrur dan mbak sis yang lancar bahasa arabnya pasti tau, tetapi bagi yang masih belajar ni saya kasih bocorannya.. Arti Muhadhoroh Adalah : Hadir Atau Menghadiri, Menghadiri Apa? Menghadiri Kegiatan yang diadakan oleh suatu lembaga Pendidikan biasanya dari Pondok Pesantren  juga Lembaga Pendidikan Formal lain seperti MI, Mts, dan MA. 

Isi Muhadhoroh Itu Apa?

Muhadhoroh Biasanya berisi Ceramah dari Salah Satu siswa atau santri, dengan tujuan membangkitkan mental dan keahlian dalam berpidato didepan banyak orang. 

Selain itu biasanya juga di isi dengan sholat dan dzikir bersama, dan di akhir acara ada juga pengarahan dari pimpinan madrasah atau Pondok Pesantren. 

Tema Muhadhoroh

Untuk Tema yang akan di sampaikan dalam Muhadhoroh biasanya bebas, terserah pada siswa atau santri mampu menyampaikan materi apa di depan umum. meski bebas tetapi bukan berarti tidak ada batasannya ya masbrur.. tetap pada kaidah Agama dan norma yang ada. 

Susunan Acara Muhadhoroh

Susunan Acaranya seperti dalam pidato biasa hanya saja ada penambahan beberapa kegiatan keagamaan yang lebih kental terlihat. 

1. Sholawatan
2. Sholat Dhuha Jika Acaranya pagi 
3. Pembukaan Oleh MC
4. Pembacaan Ayat Alqur'an bisa juga dengan Hafalan Juz Amma 
5. Ceramah dari Santri
6. Nasehat Pimpinan Madrasah Atau Pondok Pesantren
7. Do'a

Susunan tersebut tidaklah baku.. sebab masih bisa di tambahan atau di kurangi.. yang penting disesuaikan dengan Jama'ah yang ada.. jika jama'ahnya anak-anak tapi di kasih susunan acara untuk yang sudah usia SMA kan gak akor masbrur.. bisa bisa ada yang pingsan nanti tu bocah. 

sudah faham dan mengerti sedikit kan tentang Muhadhoroh.. saya pamit undur diri dulu ya masbrur.. semoga bisa bertemu lagi di tulisan yang lain. Wassalamu'alaikum.





MayBe You Also Like