-->

Penggundulan Hutan Saat Pilkada Serentak

Budaya- Penggundulan Hutan Saat Pilkada Serentak, Sore Masbrur sobat Sukaraja, kira kira kalau judulnya kaya gitu ada yang tanya gak ya..? Siapa dan dimana? Hihi soalnya kalau di bahas satu-satu pasti beda.

Kalimat pertama bahas Penggundulan Hutan yang pasti berkaitan dengan pembalakan dan oknum tidak bertanggung jawab. Sedang Kalimat kedua Pilkada Serentak yang pasti mengarah ke perebutan jabatan Kepala Daerah ditiap Provinsi secara bersamaan.

Tetapi sebenarnya keduanya sangat berkaitan lo Masbrur.. malah erat sekaki kaitan itu, Tetapi kebanyakan orang tidak sadar dan tidak akan mau ambil pusing, kecuali aktifis lingkungan dan pelopor life green.

Sebentar-Sebentar ris.. apa hubungannya Pilkada dan pembalakan Hutan? Ya jelas ada dong Masbrur.

Sekarang coba Masbrur ingat-ingat ada waktu Pilkada serentak kemaren, ada apa aja di TPS? Atau tempat pemungutan suara? Bukan yang cukur plontos waktu menang versi hitung cepat dari para pendukung ya masbrur.

Ya pasti ada petugas TPS, pemilih, kotak suara, bilik suara, dan bahkan disebagian Daerah ada yang memasang atribut pial dunia 2018 yang memang Pilkada Serentak bertepatan dengan hajatan dunia sepak bola.

Baca: Cara Blokir Konten Porno Di Android

Terus kalau ada kotak suaranya pasti ada kertas suara kan..? Ya iyalah, nah Sekarang coba Masbrur lihat ada berapa kertas suara yang ada di TPS tempat Masbrur memilih calon Kepala Daerah?. Pasti banyak lah...

Ya iya pasti banyak, nah Sekarang coba Masbrur hitung kalau itu seluruh Provinsi yang ada di indonesia dan melakukan pemilihan Kepala Daerah Serentak! Ada berapa ratus juta lembar surat suara yang dicetak dan sampai di tangan Masbrur juga mbaksis semua? Pasti ratusan juta kan.

Dilansir dari kompasiana.com untuk menghasilkan hanya 1 rim kertas saja, dibutuhkan 1 pohon dengan usia 5 tahun. 

1 rim itu biasanya 500 lembar kertas, banyangkan jika seluruh DPT di indonesia ini ada 152.079.997 seperti yang di muat di detik.com, otomatis butuh kertas lebih dari itu kan.

Kalau dihitung 152.079.997 / 500 = 304.159 rim kertas yang dibutuhkan itu baru untuk DPT saja belum rekap suara DSB.

Berarti ada 304.159 pohon usia 5 tahun yang di tebang pada saat Pilkada Serentak... bisa bayangkan berapa ratus hektar lahan yang gundul Masbrur?

Belum lagi jika ada inikasi kecurangan dan kemudian diadakan pemilihan ulang.. gk kebayang deh. Beda lagi kasusnya jika kertas yang digunakan untuk surat suara bukan kertas baru.

Lalu kenapa tidak menggunakan media lain misal evoting, bukankah dalam pemilihan kades juga sudah bisa digunakan? Atau kalau tidak menggunakan aplikasi android misalnya, dengan begitu sangat banyak pohon yang selamat dan masih bisa menyumbang oksigen bagi paru paru negara kita ini.

MayBe You Also Like