-->

Nifas Dan Batasannya

Fiqih Wanita- Nifas Dan Batasannya, bahas masalah fiqih lagi yuk mbaksis.. kan sudah tau tu hukumnya belajar tentang ilmu haid itu wajib kifayah bagi laki laki dan fardhu ain bagi perempuan. nah kali ini yang kita bahas adalah Nifas.

pasti sudah tau apa definisi nifas kan? ya, Nifas adalah darah yang keluar dari alat vital wanita setelah melahirkan yang tidak berhenti selama 15 hari atau lebih.

lalu bagaimana jika lebih dari 15 hari berhentinya? nah nati kita bahas, sekarang berapa sih batasan minimal masa nifas?


Batasan minimal masa nifas


pada umumnya batas minimal keluarnya darah nifas ini pada ibu-ibu yang baru melahirkan adalah 40 hari dan maksimal 60 hari. sudah hafal kan ? 40 sampai 60 hari. 

bagaimana jika terputus-putus? misal contoh kasus. 

darah nifas keluar selama 10 hari berhenti selama 7 harikeluar lagi selama 10 hari berhenti lagi selama 5 harikeluar lagi selama 20 hari 
coba kita hitung masa berhenti 7 hari + 5 hari hanya 12 hari artinya masih di bawah 15 hari. dan jika semua  di jumlah harinya 10+7+10+5+20 cuma 52 hari berarti kesemua nya masih dihukumi masa nifas. sebab masa berhentinya masih kurang dari 15 hari.

bagaimana kalau masa berhentinya lebih dari 15 hari meski terputus putus kalau begitu artiya:
darah pertama dihukumi darah nifas masa berhenti di hukumi masa suci dan darah kedua dihukumi darah haid (jika syarat darah haid terpenuhi).

bagaimana sudah faham kan dengan bab darah nifas mbaksis..? semoga sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan mbaksis semua. c u

MayBe You Also Like