-->

Mitos Pohon Asem Jadi Sarang Jin

Misteri- Mitos Pohon Asem Jadi Sarang Hantu, sebagian kita pasti pernah denger kalau lewat pohon Asem biasanya bulu kuduk merinding dan sering di jumpai oleh makhluk tak kasat mata, dan ada juga yang bilang kalau memang pohon Asem itu sarangnya Hantu.

Pohon Asem Di Belakang Rumah

Tetapi apakah memang begitu Sewaktu kecil di belakang rumah memang ada pohon asem yang sangat besar, kalau di samain mungkin bisa sebesar bedug yang ada di masjid-masjid, dan itu satu-satunya pohon Asem yang ada di desaku.


Ibu' pernah bercerita kalau sebelumnya kakek dari bapak, tinggal di dekat pasar bukan di tempat kami sekarang, dan kebetulan beliau sering di minta untuk mengobati orang yang sakit baik medis atau non medis.

Dan alhamdulillah menurut cerita Ibu' setiap orang yang datang minta tolong di beri kesembuhan melalui perantara lewat kakek, sampai suatu saat ada orang berada yang sembuh dari penyakitnya, dan sebagai rasa terimakasihnya kakek di beri tanah di pinggir sawah yang penuh pohon2 besar termasuk pohon Asem tadi.

Tetapi beliau bilang kalau tanah itu tidak ada yang berani menempati atau mengolah, sebab banyak yang sudah di temui makhluk-makhluk tak kasat mata. Kakek cuman bilang trimakasih dengan senyum.

Kemudian kakek membangun mushola kecil di tanah pemberian orang tadi, dan pohon-pohon besar mulai di tebang, hingga tersisa pohon Asem yang tidak di usik, seolah tidak ada yang mau berurusan dengannya sehingga sekarang jadi tempat tinggal kami.

Hingga saat ini tak ada orang yang di jumpai lagi oleh makhlum gaib, mushola peninggalan kakek juga masih di kumandangkan adzan.. tetapi saya masih ingat ketika kecil dan lewat di bawah pohon Asem itu selalu saja merasa takut seolah-olah ada yang mengawasi, tapi tak terlihat.

Sekarang pohon Asem itu sudah tidak ada lagi karna terlalu tua dan lapuk sendiri, bapak pun tidak pernah menebangnya Meski sudah tua seperti pohon lain, di biarkannya lapuk dan jatuh sendiri sampai ke batangnya yang roboh di makan rayap.

Benarkah Hantu Suka Pohon Asem?

Ada cerita rakyat yang menyebutkan bahwa dahulu kala tanah jawa merupakan tanah wingit seperti alas wanamarta dalam kisah mahabarata, siapapun yang datang pasti mati. Karna tanah jawa dahulu adalah hutan rimba yang di huni bangsa jin.

Rumah jin menurut Islam

Ada sekitar 12 tempat yang disukai jin menurut keterangan dari hadis dan ulama, diantaranya adalah :

1. Kandang Unta

 Abdullah bin Mughaffal ra berkata, bersabda Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Shalatlah kalian di tempat peristirahatan (kandang) kambing & janganlah kalian shalat di tempat peristirahatan (kandang) unta karena sesungguhnya unta itu diciptakan dari syetan." (HR. Ahmad Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

2. Di wc

hadits Zaid bin Arqam radiyallohu ‘anhu, dan selainnya yang diriwayatkan oleh dan selainnya bahwa Rasulullah SAW, bersabda yang artinya: “Sesungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan, pen), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (WC), ucapkanlah "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan." (Ahmad, Ibnu Majah,Ibnu Hibban, Al Hakim serta yang lainnya)

3. Lembah-Lembah

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah dalam "Majmu Fatawa" (19/33) : "Lembah-lembah adalah tempatnya kaum jin karena sesungguhnya mereka lebih banyak ditemukan di lembah-lembah daripada di dataran tinggi."

4. Tempat Kotor

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah dlm "Majmu Fatawa"(19/41) : "(Setan) ditemukan di tempat-tempat bernajis seperti kamar mandi dan WC, tempat sampah, kotoran serta pekuburan."

5. Kuburan

Jadi kalau ketemu Hantu di Kuburan itu bukan orang yang meninggal lantas jadi Hantu ya masbrur, itu jin yang menyerupai wajah orang yang meninggal tadi.

6. Tempat Kosong

disebutkan dalam "Majmu Fatawa" (19/40-41) ketika berbicara tentang jin: "Oleh karena itu, (syaitan) banyak ditemukan di tempat yg telah rusak & kosong."

7. Lautan

Jabir ra berkata:Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas lautan dalam riwayat lain di atas air dan kemudian dia pun mengutus pasukannya.” (HR. Muslim).

8. Celah-celah di bukit.

Hadits Ibnu Sarjis radiyallohu‘anhu dia berkata: bersabda Rasulullah SAW: "Janganlah salah seorang diantara kalian kencing di lubang…" Mereka berkata kepada Qatadah: "Apa yg menyebabkan dibencinya kencing di lubang?", dia berkata : "Disebutkan bahwa itu adalah tempat tinggalnya jin". (HR: Ahmad,Abu Daud, An Nasaai, Al Hakim dan Al Baihaqi. Lebih dari satu ulama yang membenarkan bahwa Qatadah mendengar dari Abdullah bin Sarjis radiyallohu ‘anhu. Lihat kitab "Jami' At Tahshiil."

9. Tempat-tempat kesyirikan

Syaitan ditemukan di tempat yg di dalamnya manusia melakukan kesyirikan, bid'ah & kemaksiatan. Tidaklah dilakukan kebid'ahan dan penyembahan kepada selain Allah Subhaanahu wat’ala, kecuali syaitan memiliki andil yang cukup besar di dalamnya & terhadap para pelakunya.

10. Rumah yg Ada Anjingnya

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya malaikat tidak masuk ke dalam rumah yg di dalamnya terdapat anjing & gambar." (HR. Al Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Thalhah dan Aisyah ra dan datang pula dari para sahabat yang lain).

Jika malaikat tidak masuk ke dalam rumah, maka syaitanlah yang masuk adalah syaitan karena malaikat adalah tentara-tentara Allah SWT yang diutus untuk menjaga kaum mukminin dan menolak kemudharatan dari mereka

11. Pasar

Dari Salman ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Janganlah engkau menjadi orang pertama yang masuk pasar jika engkau mampu & jangan pula menjadi orang paling terakhir yg keluar darinya pasar karena pasar itu adalah tempat peperangan para syaitan dan disanalah ditancapkan benderanya." (HR: Muslim)

12. Di Jalan Waktu Maghrib

Dari Jabir ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Jika telah datang malam, maka cegahlah anak-anak kalian untuk keluar karena sesungguhnya jin itu berkeliaran & melakukan penculikan. Matikan lentera di saat tidur karena sesungguhnya binatang fasik (tikus) itu kadang menarik sumbu lampu sehingga membakar penghuni rumah tersebut". (HR: Bukhari & Muslim).

Tidak ada hadis diatas yang menyinggug pohon atau pohon asem, tetapi jin suka di tempat yang terjadi kemusrikan, dan biasanya pohon besar dijadikan sasaran orang yang melakukan itu, jadi jin bisa saja tinggal disana.

Bagaimana Jika Kita Ketemu Pohon Asem?

Ya kalau ada pohon Asem atau pohon besar lain, lewat saja seperti biasa, tetapi jika di ganggu maka usirlah, sudah tau bacaan do'a mengusir jin masbrur?

Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Bacaan Do'a Mengusir Jin

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Itu saja sepintas tentang mitos pohon Asem yang jadi sarang Hantu.. semoga kita di jauhkan dari gangguannya ya masbrur dan mbaksis. Usahakanlah melakukan apapun dengan mengucapkan Bismillah sehingga kita di jaga oleh Alloh. Dan bacakan alqur'an rumah masbrur agar jin tidak menempati rumah masbrur.

MayBe You Also Like