Menanam Terong Ungu Butuh Kesabaran Ekstra

Gardening- Menanam Terong Ungu Butuh Kesabaran Ekstra, yuhu sobat sukaraja.. pasti tau kan dengan Terong Ungu.. biasanya Ibu'-Ibu' ni paling seneng sama terong ungu, apalagi kalau di goreng sebentar trus di sambal wuiih.. sedep tu.

Selain mudah di temukan dan juga tidak terlalu mahal terong Ungu ini ternyata kaya manfaat bagi kesehatan lo. Solanum Melongena atau yang kita kenal dengan nama Terong Ungu ini bukan dari indonesia ternyata.


Terong Ungu ini berasal dari sri langka juga india yang ahirnya sampai juga ke indonesia. Nah bagaimana cara menanamnya? Ada beberapa tahapan yang bisa masbrur lakukan.
  1. Pembenihan
  2. Penyiapan media tanam
  3. Penanaman
  4. Pemeliharaan
Kita bahas satu-satu dulu ya masbrur,  seperti judul di atas kalau Menanam Terong Ungu itu Butuh Kesabaran Ekstra.

#1. Pembenihan, biji terong Ungu tumbuhnya sangat lama seperti Terong pada umumnya. Kurang lebih 1 bulan baru bisa di pindahkan ke media tanam.

Pembenihan cukup sederhana, rendam biji Terong terlebih dahulu dengan air hangat lalu tanam atau tabur biji Terong di tempat Pembenihan yang subur lalu usahakan terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiram nya.

#2. Media tanam Terong Ungu biasanya langsung di tanah yang sudah di cangkul dan di campur dengan pupuk, atau bisa juga di polibek. Yang penting tanahnya sudah di campur dengan pupuk.

#3. Penanaman atau pemindahan ke polibek bisa dilalukan setelah sebulan atau daun sudah ada 4 lembar, dan tidak usah khawatir tentang panas, sebab Terong cukup tahan dengan panas.

#4. Pemeliharaan juga penting untuk bisa berhasil panen, buang rumput atau gulma yang mengganggu, dan kalau daunnya mulai di makan hama bisa dilakukan penyemprotan dengan pestisida atau kalau tidak mau ada pestisida bisa di buang saja daun yang kena hama.

Selanjutnya tinggal menunggu berbuah dan panen biasanya 2 bulan setelah di pindah ke polibek. Lama kan masbrur.. yah itulah kenapa masbrur harus sabar ketika menanamnya. Berbeda dengan menanam sawi yang cuma butuh waktu 30 hari saja.

Tetapi Kesabaran itu akan di bayar dengan manfaat yang di peroleh dari Terong Ungu ini seperti; mengatasi sembelit, mencegah diabetes, menutrisi otak, menjaga tulang, melindungi dari radikal bebas, menjaga tekanan darah, mencegah anemia, juga mengatasi kolesterol.

Bagaimana? Berminat buat menanam Terong Ungu sendiri di polibek? Semoga berhasil ya masbrur.. 😊.


Main ke kebun ketemu pak tani
Eeh ternyata mau nanam terong
Apa kabar masbrur hari ini
Semoga saja gak lagi bengong 😊

MayBe You Also Like