Jangan Duduk Dibantal Nanti Bisulan

Mitos, Jangan Duduk Dibantal Nanti Bisulan? Hayoo siapa yang masih sering dudukin bantal? Awas nanti bisulan lo.. hihi. Pasti pernah denger kan orang tua bilang gitu ke anaknya.

Emang bisa bisul muncul dari bantal? Kalau dilihat dari kaca mata medis sih pasti tidak ada hubungannya, dan tidak akan bisa. Atau dari sisi kacamata orang-orang yang menganggap semua hal tentag mitos itu menyesatkan dan tidak benar.

Ini yang membuat saya kadang sebel sama sifat orang-orang seperti itu. Bagi orang yang melihat semuanya hanya dari mata lahiriyahnya pasti semua hal itu tidak mungkin dan tidak akan benar.


Yang perlu masbrur dan mbaksis pahami apa yang kita lihat dengan mata lahiriyah kita belum Tentu seperti itu kebenaranya, ada hal-hal yang tidak bisa kita lihat dengan mata lahiriyah.

Contoh: salah saru kisah dalam Al-Qur'an Nabi Alloh Khidir A.S melubangi kapal milik seorang Pelaut miskin yang akan digunakan melaut besoknya, karna Nabi Alloh Musa hanya melihat dari mata lahiriyah maka disini Nabi Musa melakukan kesalahan dengan memprotes Nabi Khidir, Padahal sebelumnya sudah di minta untuk diam. Di akhir barulah nabi Khidir menjelaskan jika kapalnya tidak dilubangi maka pelaut miskin itu akan tenggelam di telan badai yang akan datang.

Begitu juga Dengan kita, jika terlalu cepat menilai dari apa yang dilihat mata maka tidak menutup kemungkinan kita akan melupakan kebenaran sebenarnya.

Kembali ke mitos tadi, apa sih maksud sebenarnya Duduk di atas bantal bisa Bisulan?

Bagi orang jawa anggah ungguh itu suatu hal yang harus tetap dijaga, sehingga perselisihan dan ketersingungan akan lebih kecil kemungkinannya, sebab setiap orang saling menjaga dan menghargai orang lain.

Begitu juga dengan Duduk di bantal, itu merupakan salah satu tindakan yang buruk dan tidaklah sopan. Bantal seharusnya digunakan untuk menyandarkan kepala, bukan untuk diduduki.

Dengan menduduki bantal berarti secara tidak langsung telah menduduki kepala. Itulah yang tidak baik menurut kesopanan. Dan Itulah kenapa ketika anaknya menduduki bantal maka orang tua mengajarkan anaknya untuk tetap menjaga Norma kesopanan, dengan menakutinya akan Bisulan, dengan begitu si anak pasti takut dan tidak lagi menduduki bantal.

Tidak semua mitos itu jelek ya masbrur bahkan seringkali punya maksud baik tersendiri. Itulah kenapa sekarang ini lebih banyak anak yang tidak tau Norma kesopanan dan menganggap mitos itu negatif, sehingga dengan entengnya melompat-lompat di nisan dan sebagainya.

MayBe You Also Like