Daftar Ikan Yang Tidak Boleh Ada Di Indonesia

Daftar Ikan Yang Tidak Boleh Ada Di Indonesia Itu Diatur dalam Permen Nomor 41 Permen KP Tahun 2014, jika masbrur perhatikan berita di tv beberapa hari ini ada 2 berita yang menghebohkan. Pertama tenggelamnya Kapal di Danau Toba, juga di bulukumba yang mengangkut uang 30m, kedua Ikan Arapaima Ada di perairan Indonesia.

Masalah kapal gak usah di bahas ya masbrur, Mari kita lihat lebih dalam mengenai Ikan Arapaima ini saja, belakangan lagi heboh ada orang yang melepas banyak Ikan Arapaima, pirarucu, atau paiche(Arapaima gigas) di sungai brantas.


Ikan ini masuk dalam kategori Ikan air tawar terbesar dan asal Ikan Arapaima Sebenarnya dari sungai amazon Amerika Selatan, Ikan ini termasuk juga dalam Ikan yang tidak boleh ada di perairan Indonesia. Dan sudah pasti orang yang melepas Ikan Arapaima ini di sungai brantas di ancam hukuman penjara selama 10 tahun, bukan main-main peringatan itu.

Hukuman itu bukan tanpa dasar hukum, sebab dalam Peraturan Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia Nomor 41/ Permen-KP/2014 tentang Larangan pemasukan Ikan berbahaya dari luar negeri kedalam perairan Indonesia.

Jadi sudah jelas bahwa kita tidak boleh membawa dan memelihara Ikan tertentu yang berasal dari luar negeri. Arapaima termasuk, sebab ia akan merusak ekosistem perairan dengan sifat karniforanya dan mampu tumbuh sampai 120 kg di tempat asalnya.

Baca: Permendagri no 111-114 tahun 2014

Lalu apa saja daftar Ikan yang tidak boleh ada di perairan indonesia ini? Mari sama sama kita lihat dalam Peraturan Nomor 41 /Permen-KP/ tahun 2014. Arapaima sendiri masuk dalam daftar Ikan yang tidak boleh di pelihara pada Nomor urut 9. Untuk lebih jelasnya silahkan download Permen kp nya.



Lalu kenapa sih Ikan Arapaima ini berbahaya bagi ekosistem sungai? Alasannya, Ikan ini Mirip dengan Ikan Gabus atau snake head yang memakan Ikan yang lebih kecil dari ukurannya.

Bedanya, Ikan Gabus cuma bisa tumbuh paling besar, sebesar lengan orang dewasa, sedangkan arapima bisa mencapai besar tubuh 3 orang dewasa atau lebih dari 120 kilo gram. Dengan kemampuam tumbuh yang seperti itu sudah bisa dipastikan Tidak ada Ikan yang tidak bisa dimakan olehnya.

Kabarnya ada 20 Ikan Arapaima yang dilepas di sungai, dan sudah 12 yang di tangkap. Semoga kejadian ini tidak akan terulang kembali sehingga species endemik Ikan di sungai-sungai kita tetap terjaga sampai anak cucu nanti.

Dan semoga orang makin bijak dan dewasa dalam berfikir, nah akhir kata.

Mancing Ikan di sungai ciliwung
Eeh dapatnya sendal jepit
Kalau abang lagi bingung
Minum obat biar gak kena penyakit 😛

MayBe You Also Like