-->

Adab Dan Tata Cara Mandi Dari Haid

Fiqih Wanita- Adab Dan Tata Cara Mandi Dari Haid, Mandi Haid atau bisa juga di sebut Mandi Untuk Menghilangkan Hadats Besar ini masuk dalam perkara yang harus disegerakan setelah darah haid berhenti, Selain hukumnya yang wajib mbaksis juga harus faham bagaimana adab dan tata cara mandi haid ini.

Sehingga kita benar-benar bersih dan syah untuk melakukan sholat fardhu. banyak juga lo yang belum tau tentang bab mandi haid ini.. jadi sesama wanita harus saling mengingatkan.. xixii. 
Hadits Tentang Mandi Haid
Bab Mandi ini juga tidak boleh sembarangan ya sis.. soalnya sudah di jelaskan juga dalam sebuah hadits Yang diriwayatkan Imam Muslim, berikut artinya :
Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa seorang wanita bertanya kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tentang mandi dari haid. Maka beliau memerintahkannya tata cara bersuci, beliau bersabda, “Hendaklah dia mengambil sepotong kapas atau kain yang diberi minyak wangi kemudian bersucilah dengannya. Wanita itu berkata: “Bagaimana caranya aku bersuci dengannya?” Beliau bersabda: “Maha Suci Allah bersucilah!” Maka ‘Aisyah menarik wanita itu kemudian berkata: “Ikutilah (usaplah) olehmu bekas darah itu dengannya (potongan kain/kapas).” (HR. Muslim: 332)
Niat Mandi Dari Haid
Niatnya sebenarnya tidak beda jauh dari Niat Mandi Junub Untuk pria, hanya ada sedikit perbedaan, niat mandi haid adalah “Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta’ala. Artinya, “Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar dari haid fardu karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Mandi Dari Haid
  1. Membaca bismillah sambil berniat untuk membersihkan hadats besar (dalam hati saja membacanya).
  2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali.
  3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis. Lebih baik lagi dikasih minyak wangi.
  4. Mengambil wudhu sebagaimana biasa kecuali kaki. Kaki dibasuh setelah mandi nanti.
  5. Membasuh keseluruhan rambut di kepala.
  6. Membasuh kepala berserta telinga sebanyak 3 kali dengan 3 kali menimba air.
  7. Meratakan air ke seluruh tubuh di sebelah lambung kanan dari atas sampai ke bawah.
  8. Meratakan air ke seluruh tubuh di sebelah lambung kiri dari atas sampai ke bawah.
  9. Menggosok bagian-bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.
  10. Membasuh kaki.
Bagaimana mbaksis... sudah faham kan? semoga saedikit tulisan tentang Adab dan Tata Cara Mandi Dari Haid ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan mbaksis. 

MayBe You Also Like