Selasa, 12 Juni 2018

Planting Melon Fruit By Accident

Gardening- Planting Melon By Accident, suka makan buah melon mas brur? Apalagi di buat es buah untuk berbuka puasa lalu di tambahin syrup, wuuiiih seger bener. Tetapi apa mas brur pernah menanam melon sendiri dalam polibek? Atau paling gak tahu cara menanam melon sendiri?.

Kalau belum tahu mudah mudahan tulisan ini sedikit menambah khasanah juga minat gardening mas brur dan mbak sis. Awalnya saya juga tidak menyangka kalau menanam melon sendiri itu mungkin dan fun.

What is Melon? 

Dilansir dari wikipedia indonesia melon adalah:  (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah.

Ceritanya sekitar seminggu yang lalu kan kk dateng dan bawa buah melon, terus iseng aja biji buah melon yang mirip dengan biji ketimun itu saya tanem. Gak percaya kalau bijinya mirip sama biji ketimun? nih gambar biji melonnya.

Meski dalem polibek kecil eeh gak nyangka kemaren sore liat udah tumbuh. Dan bisa bener bener di pindah ke media tanam yang lebih ideal.

Berhubung ini pengalaman pertama dan belum tahu cara menanam buah melon yang benar, ahirnya nyari-nyari tips menanam buah melon dalam polibek. Mau tau apa aja tips nya? Berikut ini yang sempet saya fahami.

1. Media Tanam

Untuk tempat penanaman bisa langsung di tanah yang gembur dan banyak unsur hara, atau yang sudah di campur dengan pupuk kandang, bisa juga tanah bekas bakar sampah, atau di bawah pohon bambu.

Baca: Anda wanita? Bijaklah Dalam Ber Sosmed

Tetapi bagi mbak sis yang ada di kota pasti sulit menenukan media tanam yang satu itu. Jadi bisa juga menggunakan polibek atau ember juga boleh. Usahakan yang diameter polibek nya 40 cm sebab akar dari tanaman melon itu banyak.

2. Ajar Atau Tempat Rambat

Seperti halnya buah ketimun buah melon ini juga perlu tempat atau media untuk di rambati karna sifatnya yang menjalar. Kalau susah menemukan bisa juga di ganti dengan tali.

3. Penyiraman

Karna sifat buah melon yang berair maka otomatis tanaman melon ini butuh asupan air yang banyak, Tetapi jangan sampai terlalu becek, nanti akarnya busuk. Selain itu, tanaman melon juga butuh terkena sinar matahari langsung minimal 8 jam perhari.

4. Perawatan

Nah setelah tanaman menjalar dan bertunas dengan baik maka jangan lupa untuk membuang tunas di sela sela batang mulai dari no 1 sampai 6 dari tanah. Fungsinya agar tanaman melon tumbuh tinggi.

Selain itu buang daun yang di bawah tunas no 7, juga pastikan untuk 1 tanaman hanya menyisakan 1 atau 2 buah saja setelah tunas no 7 juga.

Pastikan buah yang akan di sisakan tadi benar-benar sempurna bulatnya dan tida rusak. Sehingga nanti bisa tumbuh baik.

Bagaimana mas brur dan mbak sis? Tertarik buat menanam buah melon sendiri. Paling gak bisa menambah wawasan juga pengalaman. Kalau tulisan diatas ada yang salah atau kurang mohon di koreksi ya mas brur..

Selain buahnya yang manis juga seger kalau di bikin es buah, buah melon di sini cukup mahal untuk 1 kilo nya bisa Rp. 50.000, mungkin kalau di kota mas brur atau mbak sis tinggal bisa lebih mahal. Kan lumayan kalau cocok dan buah banyak bisa dijual da jadi bisnis xixixi.

Buah melon dari kediri
Dibuat minuman berbuka puasa
Izinkan saya undur diri
Semoga mas brur bisa menanamnya 😊