-->

Menanam Sawi Sendiri Bebas Pestisida

Gardening- tau cara menanam sawi sendiri masbrur? Alhamdulillah kalau tau sebab dari pada beli sawi di tukang sayur yang satu iket aja bisa 5000 rupiah, akan bisa jadi lebih irit jika masbrur menanam sendiri sawi di polibek atau di media seperti paralon.

Benih tanaman sayur sawi sendiri harganya tidak terlalu mahal jika di bandingkan dengan banyaknya sawi yang nanti kita dapat, kalau di desa seperti daerah saya harga benih sawi berkisar 20-30 ribu saja.

Bagi yang tinggal di daerah pedesaan seperti saya media tanam bisa langsung di kebun belakang rumah atau samping, tetapi bagi masbrur yang tinggal di perkotaan bisa pakai kaleng bekas, polibek atau botol botol bekas, sebab akar sawi sendiri terhitung kecil dan berbentuk serabut, jadi bisa di tanam di media yang cukup kecil.

Yang paling penting adalah tanah yang dipakai, semakin subur tanahnya semakin baik untuk menanam sawi, sebab kalau tanahnya kurang subur sawi akan susah berkembang dan cepat besar, berbeda dengan tanaman lain yang bisa tumbuh di media tanam yang kurang subur, sawi membutuhkan media yang lebih subur.

Untuk cara menanam sawi ada 2 cara yang bisa masbrur coba,

1. Tanam Langsung
2. Pembenihan

1. Untuk menanam langsung cara ini sangat mudah, masbrur tinggal meletakkan biji sawi di tanah yang sudah di beri lubang kecil, setelah itu di tutup. Kelemahannya presentasi tumbuhnya terkadang lebih kecil.

2. Kalau lebih dulu melalui Pembenihan presentasi tumbuh biji sawi lebih besar, cara pembenihannya juga tidak terlalu sulit, cukup sebar biji sawi di tanah yang subur lalu tutupi dengan tanah tipis.

Setelah 3 sampai 4 hari akan mulai berkecambah dan sawi kita sudah punya daun semu, tapi jangan buru buru di pindah, tunggu sampai daunnya sebesar Ibu' jari baru masbrur boleh pindah ke polibek atau kaleng kaleng bekas, kalau menanam langsung tidak perlu di pindahkan.

Dan kalau memindah usahakan sore hari, jadi tidak terkena matahari setelah di tanam. Ada satu hal lagi yang penting yang perlu masbrur jaga, bukan pestisida ya masbrur, sebab sawi tidak perlu di semprot dengan pestisida. Hal yang harus masbrur jaga ialah pemberian air. 

Jangan terlalu banyak menyiram dengan air, sebab sawi nanti bisa busuk dan seperti dimakan jamur. Siram saja waktu sore hari.

Nah setelah 28 hari atau 30 hari sawi nya sudah bisa di panen tidak terlalu lama bukan? Dan pastinya bebas pestisida sebab kalau menanam sawi sendiri masbrur tidak perlu pestisida.

Kalau sudah panen jangan lupa bagi ke Risna ya masbrur xixixi.

Beli mie ayam pakai sawi
Di tambah sambal enak sekali
Abang Abang selamat pagi
Sampai jumpa esok hari 😊

MayBe You Also Like