Kamis, 03 Mei 2018

Beda Salam dan Welcome

Religi- السلا م عليكم ورحمة الله وبركاته bisa baca kan? Bisa dong.. syukur deh kalau bisa, sebab kalau mau perhatiin undangan undangan walimah tulisan salam ini di ganti dengan seperti ini "Assalamu'alaikum Wr.Wb" bener gak? Coba cari undangan deh kalau belum percaya. Yang lebih parah biasanya kalau chat orang salamnya jadi "ass" padahal dalam bahasa ingris artinya jd tidak sopan.

Kenapa hayoo.. ? Yup karna yang bikin undangan gak bisa nulis Dengan Huruf Arab... 😛, kalau bisa kenapa coba gak di tulis dalam bahasa Arab? Bukannya tidak bangga dengan tulisan latin ya masbrur, hanya saja penulisan latin terkadang tidak bisa menjelaskan makhorijul huruf, sehingga kadang huruf hijaiyah dalam bahasa arab tidak pas.

Tetapi kali ini bukan bahas masalah makhorijul huruf atau bahasa latin itu sendiri, yang akan kita bahas adalah Keutamaan Salam dibanding Welcome.
Sumber Gambr :tennor.com
Saat ini lebih banyak orang yang jika bertemu orang lain bukan mengucapkan salam tapi yooo whatsup bro.. or they say welcome..  bahkan jika kita mengucap salam maka akan di bilang kampungan, sok suci, kuper, atau bahkan gak gaul dan masih banyak lagi yang intinya mereka akan membully kita dengan kata.

Tetapi Taukah anda arti kata Wolcome yang sering diucapkan, dalam bahasa inggris Welcome berarti selamat datang.. ya ada kebaikan ketika datang.. tapi bagaimana ketika pergi? Atau bagaimana dengan keselmatan di akherat? Is nothing.

Lalu bagaimana dengan salam, menurut Ustadz Somat dalam ceramahnya di salah satu tv swasta, beliau mengatakan ada 3 do'a didalamnya السلام عليكم "semoga keselamatan atas kamu sekalian", (keselamatan didunia). ورحمةالله "dan Rahmat Alloh" bagaimana tidak selamat jika sudah mendapat rahmat Alloh bahkan nanti di akherat? وبركاته "Dan Keberkahan" lengkap sudah jika hidup kita berkah semua akan jadi indah.

Keberkahan ini seringkali tidak bisa kita jumpai meski harta berlimpah, ada kegeLisahan dan kebimbangan karna cara mencari harta yang tidak halal sehingga hidupnya pun jadi tidak berkah.

Biarlah kita dibilang sok suci, kuno, munafik dan lain sebagainya, tapi salam akan selalu kita ucapkan ketika berjumpa dengan sesama muslim. Emang hukum mengucapkan salam itu wajib?

Hukumnya sih sunnah, tetapi bagi yang mendengar salam wajib untuk menjawabnya. Dan akan lebih baik lagi jika menjawab nya lebih banyak.

Misal orang memberi kita salam السلام عليكم maka kita jawab lebih banyak, واليكم سلم ورحمةالله lalu bagaimana jika kita diberi salam lengkap? Untuk membalasnya ucapkanlah salam 2 kali 3 kali DST.
Terakhir what your choise?.. 😊