Kamis, 31 Mei 2018

Balada Lelaki Sholehah

Religi- Balada Lelaki Sholehah, bermula dengan ketidak sengajaan yang terjadi setelah capek masak untuk berbuka di hari ke 14 Ramadhan dan beres beres ahirnya duduk sejenak di depan tv sambil pencet pencet keyboard hp android bertuah, bertuah karna beberapa bulan lalu bisa nulis di blog dan punya akun AdSense hanya sekedar impian.

Sampai ahirnya bisa punya hp android yang mampu bertahan lebih dari 3 bulan meski harganya bisa di bilang murah. Bagi kebanyakan orang memiliki hp android akan jarang menghadapi situasi dimana hp yang di miliki rusak dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Entah karma apa yang sedang dijalankan Pemilik Jiwa ini, meski memakai hp yang digadang menjadi hp idaman dengan simbol buah yang di gigit saat masih bekerja, tapi hanya mampu hidup kurang dari 3 bulan dan ahirnya harus mengiklaskannya dan di pendam dalam lahat yang kelam.

Tak mau berlarut dalam kesedihan ahirnya ada simbol seperti huruf m yang mengisi hari pertama lebaran taun lalu, semakin miris seba sekali lagi Sekenario Sang Maha Berkehendak membuat hp android yang baru 1 hari itu harus dikuburkan untuk kedua kalinya.

Gerakan jari yang larut dalam keheningan di tengah gemuruh suara salon tv menjadi pecah, saat suara Ibu' menyadarkan lamunanku. "Coba cari Ceramah" sedikit gelagapan terpencetlah salah satu chanel tv dan ada ustadz yang menjadi salah satu dosen di Universitas Gajah Mada lah yang saat itu memberi ilmunya menjelang berbuka, ya beliau adalah Ustadz Wijayanto.



Source poto: facebook.com

Sedikit terkikik kikik menahan tawa karna ceramah yang beliau sampaikan, sholehah yang pada umumnya digunakan untuk menggambarkan akhlaq seorang wanita yang patuh dengan ajaran agama kini di lekatkan pada laki laki.

Benar laki laki, tak wajar bukan? Tetapi itu benar.. dan inilah yang membuatku juga Ibu' sedikit cekikikan, laki laki yang sholeh ia akan menjalankan perintah agama dan selalu menjaga sholatnya.

Sholatnya seorang laki laki haruslah berjama'ah di mushola atau di masjid, berbeda dengan wanita yang sholatnya di rumah, tetapi ketika seorang laki laki tidak mau sholat di masjid dan sholat dirumah maka ia layak di sebut lelaki sholehah.

Ada hadits yang bila dilaksanakan niscaya akan banyak laki laki yang kehilangan rumahnya karna dibakar.
Ketika tidak sholat berjamaah di masjid.

“Demi Zat yang jiwaku ada ditangan-Nya, sungguh aku ingin memerintahkan untuk mengumpulkan kayu bakar lalu terkumpul, kemudian memerintahkan untuk shalat dan dikumandangkan azan. Kemudian aku perintah seseorang untuk mengimami shalat, lalu aku pergi melihat orang-orang dan membakar rumah-rumah mereka.” (Hr. Bukhari)

Tak banyak yang benar benar memahami dan mau mengimani, kebanyakan hanya mengambil sunnah yang menguntungkan dan mengabaikan sunnah yang dirasa berad.

Menganggap sudah sholeh ketika memakai pakaian ala orang arab. Tetapi jarang yang mau mengkaji bahwa barometer iman itu hati. Terkadang dengan pakaian lusuh dan compang campingnya ia lebih mulia di sisi Alloh.

Bahkan seorang wanita yang harus hidup dengan menjual dirinya di jamin syurganya Alloh karna kebaikan hatinya bukan karna pakaiannya.

Pergilah kemasjid untuk sholat karna yang sholat dirumah itu wanita. 😊