Senin, 16 April 2018

Semarah Apapun Jangan Ucapkan Kata Ini

Semarah Apapun, Jangan Pernah Ucapkan Kata ini, Pernah Marah masbrur..? Pasti pernah kan..bahkan sering biasanya, ngaku ajaaa gk usah malu maluin 😂. Tetapi jangan sekali kali masbrur mengucapkan kata kata ini kepada istri masbrur ketika Marah.

Kenapa? Bukannya Lumrah kalau manusia itu bisa Marah, benar sebab manusia di karuniai Nafsu selain Aqal, itulah kenapa sering kali manusia Marah saat ada sesuatu yang tidak sesuai dengan nafsunya.

Tetapi sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban, untuk bisa mengendalikan amarahnya, apalagi jika masbrur sudah menjadi seorang Suami. Maka jangan sekali kali  mengucapkan kata ini meski semarah Apapun itu, Apa sih Kalimat yang Pantang diucapkan Suami pada istri ketika Marah?

Yup Kata Thalaq, kata ini memang cuma Kalimat bahkan beberapa kata saja, tetapi jika sampai terucap maka berakhir sudah, semua takkan pernah sama lagi dimata Fiqih Islam. Kenapa bisa begitu? Gimana ya...?

Masbrur pernah nonton Film Lama Yang diperankan Oleh Aktor Senior Dedi Miswar dan Roy Marteen, dengan judul "Hatiku Bukan Pualam" jika sudah, masbrur akan faham kenapa bisa begitu.

Atau Film Yang dibintangi Vino G Bastian, Reza Rahardian juga Cludia Cintia Bella, judulnya lupa 😂 kedua film ini punya kesamaan alur cerita, apa kesamaannya?

Vino G Bastian dan Roy Marteen sama sama mengucapkan kata Talaq kepada istrinya dalam keadaan Marah, dan talaq yang dijatuhkan adalah talaq tilu, talaq 3 deh kalau gk tau tilu.

Seperti yang masbrur ketahui ketika kata Thalaq diucapkan  maka berakhir sudah ikatan Suami Istri antara keduanya, dan mereka pun resmi bercerai. Tetapi setelah amarah padam mulailah mereka sadar bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan menyesal.

Tapi kata pepatah "nasi sudah jadi bubur" semua takkan bisa kembali seperti semula, tetapi dalam kedua film itu baik roy atau vino kemudian membuat sekenario untuk bisa menikahi istri yang sudah di thalaq 3 dengan menikahkannya dengan orang lain (Dedi Dizwar dan Reza Rahardian) setelah itu menyuruh mereka bercerai baru setelah 3 bulan roy dan vino mengajaak mantan istrinya tadi untuk menikah.

Ya masbrur.. inilah ciri ciri orang yang selalu mencari cari celah peraturan atau hukum, berbeda dengan thalaq 1 atau thalaq 2, yang masih bisa rujuk, thalaq 3 hanya bisa rujuk setelah mantan istri menikah dengan orang ke 2 dan bercerai dengan Suami ke 2.

Tetapi kata thalaq bukanlah untuk main main, bahkan Alloh sendiri membenci Perceraian meskipun itu halal. Hingga pada ahirnya Alloh mrmpunyai sekenario lain dan rencana roy juga vino tidak bisa berhasil.

Ada pesan moral yang sangat kuat yang bisa diambil dari kedua film diatas, Sebagai seorang Imam atau Suami Jangan sekali kali mengucapkan kata Talaq meski dalam keadaan Marah, jika masbrur Marah maka cepat cepatlah mengucapkan Ta'awwudz " A'udzubillahi minassyaitonirrojim" maka InsyaAlloh amarah masbrur akan reda, dan Cepat cepatlah berwudhu.

Lalu apa beda Thalaq 1, 2 dan 3?
1. Thalaq 1 ini diuckan Suami sekali pada istrinya (masih bisa rujuk) bisa berupa kata "kembalilah pada orang tuamu" atau bisa langsung "ku ceraikan engkau".

2. Thalaq 2, diucapkan setelah rujuk dari thalaq 1. (Masih bisa rujuk)

3. Thalaq 3 diucapkan setelah rujuk dari thalaq 2, atau bisa juga langsung jadi thalaq 3 jika diucapkan "kutalaq 3 engkau" seperti yang pernah terjadi pada zaman Kholifah Umar Ibnu Khottob R.A.

Tetapi masbrur baik thalaq 1 2 atau 3 jangan sekali kali diucapkan karna jika istri tidak mau rujuk kembali maka Perceraiaan tidak bisa di hindari. Jadi jagalah baik baik emosimu dan juga lidahmu.

Nanam sawi sama pak tani 
ayo ngaji biar berbudi 
jangan suka nurutin emosi 
nanti menyesal kemudian hari 😅