Kamis, 12 April 2018

Manfaat Menjadi Blogger Yang Sering Tidak Disadari

Blog- Keuntungan Menjadi Blogger Yang Sering Tidak Disadari, Sejak bergabung dengan grup IAPD (Indonesia AdSense Publisher Discussion) saya menemukan
banyak sekali kawan-kawan blogger dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Mulai dari kalangan bawah hingga ada pula yang dari kalangan atas. Motivasi masing-masing blogger pun beragam, ada yang menjadi blogger karena faktor ekonomi dengan berusaha memperoleh pendapatan melalui
iklan.

Ada juga yang ingin belajar hal baru, mencari pengalaman, memperoleh teman-teman baru, ingin berbagi pengalaman, sekedar hobi, atau bahkan untuk mencari tantangan dan mengasah skill.

Menjadi blogger memang bukan hal yang mudah, penuh persaingan, banyak tips dan trik yang perlu dikuasai. Bukan asal menulis, tapi harus bisa membawa manfaat dari tulisan yang dibuatnya. Belajar menjadi seorang pendidik yang harus bisa memberi penjelasan efektif bagi orang-orang yang sedang mencari informasi dari blog tersebut.


Oleh sebab itu, seorang blogger juga dituntut untuk terus belajar menambah pengetahuannya, mengikuti perkembangan jaman agar dapat dibagikan pada
para pembacanya. Berikut ini manfaat menjadi blogger yang kadang tidak disadari:

1. Mengasah Pengetahuan, Hal ini secara tidak langsung menjadi sebuah motivasi unik yang tanpa sadar membuat para blogger menjadi haus akan pengetahuan dan berusaha mengikuti perkembangan jaman. Pengetahuan menjadi bekal utama seorang blogger agar dapat menyampaikan pembahasan yang lebih spesifik.

2. Belajar Menjadi Pendidik, Sebagian besar pembaca internet adalah mereka yang ingin mengetahui hal baru atau mencari pemahaman lebih lanjut dari apa yang telah mereka ketahui sebelumnya.

Disinilah tantangan besar seorang blogger untuk menjadi seorang pendidik, berusaha menulis dengan tata bahasa sederhana agar dapat dipahami meski oleh orang belum pernah mengetahui hal itu sebelumnya.

3. Melatih Kemampuan Berkomunikasi, Blogging adalah suatu alat komunikasi yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan pada khalayak luas. Ilmu berkomunikasi menjadi sangat krusial dalam dunia blogging. Mengenal beberapa etika komunikasi agar tidak menyinggung pihak manapun. Lebih berhati-hati dalam menggunakan sumber berita dan menghargai narasumbernya.

4. Melatih Keberanian Dalam Menyampaikan Opini, Banyak blogger pemula yang sudah merasakan manfaat ini dari yang sebelumnya pemalu dan takut menyampaikan sesuatu menjadi seseorang yang lebih berani dan terbiasa dalam menumpahkan isi fikirannya. Menulis sesuatu dan menyebarkannya melalui internet pun dibutuhkan keberanian yang cukup.

5. Memahami Potensi Terpendam, Hal ini kadang cukup mengejutkan para blogger pemula yang asalnya hanya ingin mencoba-coba menulis satu-dua-tiga artikel, ternyata mereka mampu menulis puluhan, ratusan, bahkan ribuan artikel dalam sebuah tema yang sama. Saya pun merasakan hal ini, dari mencoba beberapa tema blogging, akhirnya saya menemukan letak potensi pengetahuan saya selama ini.

6. Mengenal Ilmu Online Marketing, Saat Anda terjun dalam dunia blogging, Anda akan menemukan bahwa untuk menulis sebuah artikel
dibutuhkan strategi, tidak asal menulis namun perlu memperhatikan penggunaan kata kunci, optimasi dan berbagai hal lainnya agar dapat bersaing dengan penulis blog lainnya. Ketika kita telah menguasai hal itu, secara tidak langsung kita pun telah belajar mengenai online marketing.

7. Membantu Banyak Orang, Manfaat menjadi seorang blogger tidak hanya akan kita rasakan sendiri. Dengan konten-konten yang telah kita bagikan, secara tanpa sadar kita telah membantu banyak orang, entah hanya sekedar mengedukasi, memberi inspirasi, atau bahkan dapat merubah kehidupan orang tersebut.

8. Menambah Pertemanan, Menjadi seorang blogger memang penuh persaingan, namun jauh lebih mudah jika kita menambah pertemanan. Dengan memiliki banyak teman maka akan semakin banyak pengetahuan yang bisa didapat untuk dijadikan bahan tulisan baru. Bukan hanya itu, dengan jaringan erat sesama blogger bisa meningkatkan peringkat blog di mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya.

9. Dikenal Banyak Orang, Meski banyak blogger yang merahasiakan identitas aslinya, setidaknya Anda akan dikenal melalui nama blog yang Anda kelola. Saya pernah mengalami ketika seorang teman membagikan sebuah artikel blog.

Dan ternyata artikel tersebut merupakan artikel dari blog yang saya kelola tapi tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya saya lah penulis artikel tesebut. Saya hanya tersenyum kecil
mendengar mereka menuturkan ulang isi artikel tersebut.

10. Memperoleh Penghasilan Pasif,
Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan uang secara cuma-cuma tanpa harus bekerja keras lagi sepanjang hidup? Anda dapat merealisasikan keinginan tersebut melalui blog. Ada banyak sekali cara memperoleh penghasilan dari blog, yang bisa Anda cari di Google.

Namun, jika Anda ingin memperoleh penghasilan yang besar, sebaiknya Anda lebih bersabar, karena tidak ada blogger yang sukses hanya dalam waktu satu malam.

10 Manfaat Menjadi Blogger diatas hanya sebagian kecil dampak yang diciptakan seorang blogger. Masih banyak lagi manfaat besar menjadi blogger seperti meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.

Seorang blogger juga berkontribusi untuk kemajuan suatu bangsa melalui apa yang dibagikannya pada pembaca. Dibalik sisi positif tersebut, seorang blogger pun bisa menguncang stabilitas negara. Masih hangat di ingatan kita terkait website Saracen yang menebar berita-berita hoax dan meresahkan masyarakat hanya demi keuntungan sepihak para pengelolanya.

Atau melalui konten-konten yang tidak pantas dibagikan yang dapat merusak generasi-generasi penerus kita. Yah... Begitulah kekuatan seorang blogger yang ternyata cukup dahsyat. Tinggal bagaimana para blogger tersebut menempatkan dirinya.

Apakah memilih untuk memberikan manfaat atau malah ingin merusak dan menambah dosa dengan menyebar konten negatif? Pilihan tersebut ada pada masing-masing blogger. Ingatlah salah satu amalan yang tidak pernah putus, yaitu ilmu yang bermanfaat, yang kita bagikan untuk orang lain. Begitu pula jika konten yang dibagikan merupakan konten negatif.

Jadi menjadi seorang blogger bisa bermanfaat sebagai investasi untuk akhirat kelak. Jika sobat pembaca seorang blogger juga, coba tambahkan lagi manfaat apa yang telah didapat selama menjadi blogger di kolom komentar.



Guess post by Sonny Satria
Owner & Contributor www.i-bisnis.com