Rabu, 18 April 2018

Doktrin Hitam Putih

Pernah Denger Doktrin Hitam Putih masbrur? Bukan acara salah satu talk show yang ada di tv swasta ya, ini sangat berbeda dan lebih condong ke metode yang dipakai untuk tujuan tertentu. Beberapa waktu yang lalu pernah mendengar tentang kata kata Doktrin Hitam Putih ini dan penasaran untuk apa dan apa sebenarnya Doktrin ini.

Kata- kata  “doktrin” sendiri atau didaskalia, ini berasal dari bahasa latin dan didaskalia berhubungan dengan “apa yang diajarkan.”  misalnya dalam penggunaan kalimat, Ini adalah doktrin itu yang berarti Ini adalah ajaran itu.

Dalam bahasa Latin juga, orang menyebut ‘doktrin' berarti Seorang dokter atau seorang guru. Sebutan ini sebelum ada dokter medis seperti yang kita kenal sekarang sebagai salah satu profesi. Doktrin, didaskalia memiliki akar kata yang sama yaitu Didaskalos, adalah pengajar, Sedangkan doktrin adalah ajarannya.

Jika membahas Doktrin maka masrur juga harus tau Pengertian Propaganda. Menurut Jasques Ellul Propaganda adalah komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingiin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis dan tergabungkan didalam suatu kumpulan atau organisasi.

Sedangkan propaganda menurut Wikipedia adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang.

Selaras dengan wikipedia dan Ellul Pengertian propaganda menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau salah yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu.

Lalu Apa Perbedaan Doktrin dan Propaganda? Propaganda juga berasal dari bahasa latin Propagare atau Propagate, jika Doktrin lebih condong tentang isi ajaran sedangkan propaganda lebih ke cara atau metode untuk menyebarkan ajaran itu.



Jadi apa Doktrin Hitam Putih itu? Bahaya atau tidak Doktrin hitam Putih ini? Yang dimaksud Doktrin Hitam Putih itu bisa kita simpulkan sebagai ajaran yang di gunakan untuk merubah pola fikir bahkan budaya yang semula Putih Menjadi Hitam, mohon dikoreksi kalau salah.

Bahayakah Doktrin ini? Pasti masbrur, jika masbrur tidak punya filter yang baik, maka bisa jadi menjadi korban Doktrin ini, bahkan yang punya filter kuat pun tidak menutup kemungkinan memakan Doktrin Hitam Putih.

Kita ambil contoh apa pelaku bom bunuh diri yang pernah terjadi di jalan syarinah yang menggemparkan Ibu kota itu memang dari awal punya pola fikir bahwa dengan meledakkan diri berarti syahid dan membela Agama? Tidak... masbrur bagaimana bisa dia punya pola fikir bahwa bunuh diri sama dengan Syahid.

Kalau kata K.H Anwar Zahid pelaku bom bunuh diri itu bukan mati Dijalan Alloh.. tapi di Jalan Syarinah. Jika memang Bunuh Diri dianggap Syahid kenapa tidak bos nya dulu yang bunuh diri?... dan dia bukan mati Syahid tapi mati Sangit.

Karena Doktrin Hitam Putih ini lah yang dijejalkan kepada pelaku sehingga menganggap bahwa Hitam itu Putih. Jadi berhati hatilah masbrur, Islam itu mengajarkan Kedamaian masbrur bukan teror dan kebencian.

Jika masbrur pernah nonton Film My Name Is Khan.. yang diperankan Shahruk Khan atau Mata Tertutup maka masrur akan faham bahwa Islam Bukan Pembawa Ketakutan Teror Dan Kebencian tapi membawa Perdamaian.

Belajarlah Islam dengan Kaffah.. dan tidak cukup 1 atau 2 taun apalagi hitungan bulan, tapi butuh seumur hidup untuk mengamalkan ajaran Islam itu Sendiri. Dekatlah dengan orang sholeh, bukan dari pakaiannya tapi sholeh hatinya. Jika mereka mengaku islam tapi mengajak pada kebencian maka sudah pasti Itu bukan Islam. Rosululloh tidak pernah mengajarkan umatnya membenci dan membawa Ketakutan.


Wallohua'lam.