Minggu, 29 April 2018

Belajar Membuat Blog Dengan Hp Sampai Dapet Duit

Blog- Cara Membuat Blog Dengan Hp Sampai Dapet Duit, jika masbrur atau mbak sis baru mau belajar cara membuat blog gratis, baik Blog pribadi atau Blog bisnis, dan bingung apa yang harus di siapkan terlebih dahulu, tenang akan Risna tulis step by step yang dilengkapi gambar, sampai bisa membuat blog masbrur sendiri. Mari simak Langkah Langkah Membuat Blog berikut ini.

Apa Peralatan Yang Harus di Persiapkan?
  1. Hp Android, tentunya juga
  2. Koneksi Internet 
Setelah kedua Syarat Membuat Blog ini terpenuhi ada beberapa tahapan sampai blog bisa dikatakan jadi.
  1. Membuat email Google
  2. Mendaftar di Blogspot
  3. Memilih Nama Blog
  4. Mengganti Template Blog
  5. Mengatur Tata Letak Blog
  6. Membuat Posting Blog
  7. Monetisasi Blog
#1. Membuat Email Google Gratis

Kalau ada yang belum tau caranya silahkan baca dulu cara membuat akun gmail.

#2. Mendaftar di Blogspot

Blogspot merupakan salah satu penyedia layanan pembuatan blog gratis, meski ada yang lain juga seperti WordPress Tetapi wordpres biasanya cenderung berbayar. Lalu bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot Langsung saja menuju Blogspot  (bisa menggunakan chrome) lihat gambar dibawah.


Pilih buat blog, lalu masukkan alamat email google, dan pilih Berikutnya lihat gambar

Isikan password Akun gmail, dan pilih berikutnya


#3. Memilih Nama Blog

Setelah mengisi email dan password diatas maka akan muncul tampilan untuk Memilih Nama Dari Blog yang akan dibuat.

Dalam tahap ini jangan sembarangan membuat nama blog, sebab jika nama dari blog susah untuk diingat maka bisa berdampak buruk buat blog kita nanti.

Sesuaikan juga dengan tema blog, contoh tema blognya tentang otomotif usahakan namanya yang berhubungan dengan otomotif.

Usahakan untuk membuat nama blog dengan 2 suku kata, misal "sukaraja" "tokopedia" dengan nama yang pendek kemungkinan besar orang akan mudah ingat blog kita nanti.

Dan jika susah atau nama blog tidak tersedia boleh dengan 3 suku kata, Setelah tersedia seperti gambar dibawah pilih Buat Blog.

Jika muncul gambar seperti dibawah ini pilih lain kali saja.


Sampai disini blog sudah jadi, tetapi bukan berarti selesai, karna blog masih seperti kertas kosong yang belum di tulisi apapun.

#4. Mengganti Template

Sebelum membuat tulisan tidak ada salahnya untuk Mengganti template blog dengan yang kita pilih, sedikit info template ada yang berbayar dan juga yang gratis, akan lebih baik jika Mengganti dengan yang berbayar atau premium, tapi kalau tidak punya, yang gratis juga banyak sekali.

Memilih template juga hal yang harus di pertimbangkan secara baik baik anggap seperti sedang mencari jodoh, sebab jika sering gonta ganti template akan berakibat buruk pada blog.

Ada 2 macan template blog untuk saat ini yaitu Template AMP dan Non AMP. Singkatnya AMP itu template yang di percepat tetapi masih harus banyak edit manual, sedang Non AMP ada juga yang cepat meski kadang masih kalah cepat loadingnya ketika dibuka tetapi tidak perlu banyak edit edit.

Lalu pilih yang mana? Jika suka tantangan AMP bisa jadi pilihan dan ini daftar 22 Template AMP gratis, Dan untuk Non AMP usahakan donload yang Seo dan Responsif. Atau bisa juga pakai template bawaan blogger.

Sampai disini kita anggap sudah punya template pilihan dan tinggal di pasang. Bagai mana caranya?.

Pilih Tema pada samping Kiri dashboard blogger, jika mau yang bawaan blog tinggal pilih salah satu yang disediakan Dan terapkan, selesai.

Tetapi jika tema atau template dari download pilih backup/pulihkan yang ada di poJok kanan atas. Lihat gambar dibawah ini

Selanjutnya pilih file template yang sudah di download dan di ekstrak (kalau masih bentuk rar/zip) file template biasanya berbentuk XML, contoh "templateok.XML" Setelah itu pilih upload.

#5. Mengatur Tata Letak Blog 

Setelah Mengganti template biasanya ada komponen yang tidak diperlukan atau ingin di Tambahkan di blog, seperti posting populer, arsip blog, recent post DLL.

Untuk mengaturnya silahkan pilih Menu Tata Letak di samping Kiri, kemudian jika ingin Menghapus komponen yang tidak perlu tinggal pilih edit, kemudian hapus. Nah jika ingin menambahkan komponen pilih Tambahkan/add gadget. Lihat gambar.

#6. Membuat Postingan Blog

Untuk membuat postingan blog dengan hp, biasanya akan lebih susah dari pada di komputer, sebab keybord hp dan layarnya lebih kecil, untuk membuat postingan silahkan pilih Postingan dan Entri Baru.

Ketik disini apa yang akan di publish. Selesai... masbrur sudah punya blog.. selamat ya... 😊, sedikit tips untuk menulis, "jangan menulis apa yang mau masbrur tulis, tapi tulislah apa yang mau di baca orang"

ini yang sulit dilakukan, bahkan untuk sebagian besar orang, karna umumnya orang akan menulis apa yang ingin dia tulis.

Dan blog bukan hanya sekedar catatan pribadi ya.. dari blog kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan memasang iklan dari Google AdSense, adsnow, propellerads, mgrid, dan banyak lagi, istilahnya monetisasi kalau gak salah 😂. Dan sebelum menulis ada tips Khusus Buat Blogger Android , tulislah sesuatu yang baik dan bermanfaat, penuhi internet dengan kebaikan.

#7. Monetisasi Blog

Monetisasi sendiri memiliki makna "Tindakan atau proses konversi menjadi uang" atau ringkasnya "menguangkan" meski menguangkan blog atau menghasilkan uang dari blog ini bukan motivasi tertinggi kegiatan ngeblog, tapi menduduki posisi ke 2 setelah hobby.

Hampir semua orang memonetisasi blog mereka, terbukti dengan semakin banyaknya blogger yang mendaftar Google Adsense, meski begitu tidak semua dari mereka di setujui untuk menjadi mitra google adsense.

Apa kita benar benar dibayar dari adsense ini? Pertanyaan ini sering mengganggu bagi yang baru mengenal Adsense tapi percayalah lebih banyak yang di gaji adsense dari pada yang bisa kita ragukan.

Interested? Untuk menjadi publisher Adsense tak semudah yang di bayangkan dan tak sesulit mengakui kesalahan.

Ada 2 rahasia untuk bisa mendapat penghasilan dari blog dan Google Adsense, hayoo penasaran?? ya ya ya  tidak lain dan tidak bukan Traffic + Akun Adsense.

Jika punya traffic/pengunjung banyak tapi tidak punya akun Adsense maka masih bisa mendapat penghasilan dari blog dengan nebeng adsense orang lain, istilahnya JV (Join Venture) dengan presentase 80% untuk yang punya blog dan 20% untuk yang punya akun adsense.

Tapi ketika tidak punya traffic malah punya akun adsense maka akan sulit atau lama sampai bisa gajian dari blog dan google adsense. Sampai traffic bagus tentunya.

Bagaimana cara mendaftar Google Adsense dari blogspot? Dan kapan waktu yang tepat untuk mendaftar ?

Sebelum mendaftar ada beberapa syarat umum, yang harus dipenuhi sebuah blog,

  • Usia blog untuk blogspot minimal 2 bulan atau lebih, kalau dulu 6 bulan, kecuali sudah di rubah menjadi .com .net dkk, bisa kurang dari 1 bulan sudah bisa daftar. 
  • Usahakan postingan lebih dari 30 postingan. 
  • Lengkapi menu navigasi seperti Halaman Privacy, Disclaimer, site map, about, contact.
  • Usahakan tiap Postingan berisi minimal 300 kata. 
  • 1 Postingan minimal 1 gambar yang bebas hak cipta, bisa ambil di pixabay.com 

Kalau sudah terpenuhi, buka setting, Bahasa dan Pemformatan, rubah bahasa jadi english, dan simpan maka nanti akan muncul menu penghasilan, Lihat gambar.


Jika belum muncul refres, Pilih penghasilan dan daftarkan blog, jika muncul seperti gambar di bawah ini artinya blog belum memenuhi sarat umur, jadi belum bisa di daftarkan.


Jika sudah ada menu buat daftar seperti gambar dibawah ini langsung saja pilih daftar ke AdSense.


Pilih Akun gmail yang akan digunakan login ke AdSense nanti jika di terima.

Centang persetujuan sarat dan ketentuan lalu pilih buat Akun.

Isi Formulir Detil Alamat dan Pilih Kirim, Tunggu prosesnya, jika beruntung kurang  1 hari di terima, kalau belum bisa berbulan bulan. Selamat berjuang. 😊

Ke sekayu bawa kursi
Ketemu sama tukang kain
Udahan dulu hari ini
Semoga ketemu di hari lain 😊