Selasa, 03 April 2018

3 Tips Menyikapi Orang Tua Yang Marah

Religi- Tips Menyikapi Orang Tua Yang Marah, Emosi sering kali menjadi penyebab kehancuran, sehingga banyak sekali kejahatan yang dimulai dari marah, lalu bagaimana cara mengatasi emosi? Sebenarnya mudah di ucapkan tetapi akan sangat susah untuk di amalkan.

Karna Emosi merupakan sesuatu yang berasal dari Iblis, jadi ketika Emosi sedang menguasai kita maka akal sehat akan lenyap dan hanya ada api yang berkobar dihati kita, dan orang lain akan terlihat seperti semut yang kecil. Seperti dalam hadis berikut

"Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).” (HR. Tirmidzi).

Untuk itu Ustadz kita dulu selalu berpesan untuk selalu menahan emosi ini pada semua muridnya. Karna Seperti yang masbrur tau Emosi itu lebih condong pada kejahatan.

Bagaimana kalau yang tidak bisa mengendalikan Emosi adalah orang tua kita sendiri? Apa kita sebagai anak akan melawannya atau membantahnya?

Jika masbrur sedang menghadapi Masalah ini, berikut ada Tips buat masbrur untuk Menyikapi Orang Tua Yang Sedang Emosi tentunya bukan dengan Emosi juga.

1. Jangan Membantah, Emosi itu Ibarat Api seperti yang sudah kita bahas di atas Dan Membantah ibarat Minyaknya.. jika masbrur mendapati Orang Tua masbrur sedang marah maka jangan sekali kali menambahkan minyak kedalamnya dengan Membantah.

Bukan alih alih memadamkan api itu tetapi masbrur membuatnya menjadi badai api yang mampu menghanguskan Norma agama dan Norma Norma yang ada.

2. Menghindar, ketika orang tua sedang marah maka sebaiknya masbrur menjauh darinya, dengan menghindarinya maka secara tidak langsung beliau akan berfikir dan dengan berfikir amarahnya akan sedikit melunak. Seperti disebutkan dalam sebuah hadist

“Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka berbaringlah.” (HR. Abu Dawud).

Hadis ini secara tidak langsung menyuruh kita untuk bergerak, jadi jauhi dulu pusat apinya agar kita tidak terken panasnya, setelah dingin baru kita bicara.

3. Diam, Kenapa diam.. ketika orang sedang emosi maka apapun yang kita lakukan pasti salah jadi lebih bijak kalau kita diam. Hadis dibawah ini juga berlaku untuk kita karna ketika orang marah maka kitapun biasanya juga terbawa suasana marah.

"Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.” (HR. Ahmad).

Baca Juga; Berlomba Lomba Menghiasi Masjid

Lalu bagaimana jika kita yang marah..? Ya seperti 3 tips diatas masbrur juga di anjurkan untuk

1. Berwudhu, karna dengan air wudhu maka api amarah akan bisa padam,

“Kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah.” (HR. Abu Dawud).

2. Membaca Ta'awwudz seperti dalam hadis berikut ini

"Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’udzu billahi minasy syaithaanir rajim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk).” (HR. Bukhari Muslim).

Sebelum di tutup ingatlah masbrur bahwa Alloh tidak menyukai orang yang marah seperti dalam Al-Qur'an Surat Al Imran : 134


Na itulah beberapa cara untuk mengendalikan emosi yang meluap luap.. juga menyikapi orang tua yang sedang marah atau emosi, semoga bermanfaat ya masbrur.