Sabtu, 17 Maret 2018

Ogoh Ogoh Dimalam Nyepi

Info- Ogoh Ogoh Dimalam Nyepi, apa sih Ogoh Ogoh itu? Dan bagaimana cara membuat ogoh ogoh? Bagi kita kaum muslim pasti asing dengan yang namanya ogoh Ogoh ini, tetapi bagi yang tinggal di bali pasti tau meskipun dia bukan penganut agama hindu.

Kok bisa begitu? Ya karna di bali masyarakat selalu membuat Ogoh Ogoh ini dan kemudian di arak dalam pawai malam hari raya Nyepi bagi umat hindu. Selain itu jika masbrur pernah nonton film Banjrabangi Bhaijan, dengan pemeran utamanya Salman Khan pasti masbrur juga bisa melihat Ogoh Ogoh ini.

Apa sih sebenernya Ogoh Ogoh ini?
Sebenernya Ogoh Ogoh ini adalah patung Yang dibuat dengan bentuk menyeramkan untuk merefleksikan Butho Kala dalam budaya hindu. Kalau masbrur pernah nonton kisah Ramayana ada tokoh jahat yang bernama rahwana, kalau di wayang biasanya di sebut Rahwono.

Dilansir dari tribun bali, semalam ada 12 Ogoh Ogoh terbesar yang ikut meramaikan hari raya Nyepi bagi kaum hindu di bali sendiri. Untuk apa Ogoh Ogoh ini? Jika masbrur lihat film india, yang rata rata menganut agama hindu, pada puncak acara Ogoh Ogoh ini akan dipanah dengan anak panah api, sehingga Ogoh Ogoh akan terbakar sampai habis.

Lalu Bagaimana sikap kita selaku muslim terhadap Ogoh Ogoh ini? Mohon maaf sebelumnya jika nanti ada kata kata yang salah, islam itu kan agama rahmatan lil 'alamin artinya islam merupakan rahmat bagi seluruh alam, Pada zaman Rosul saja khususnya pada saat penaklukan mekkah, Rosul menjamin Keselamatan kaum Kurais.

Pada zaman Kholifah Umar Ibnu Khottob, beliau juga membuat perjanjian damai dengan bangsa yahudi, dan di negara kita, sudah sejak pama kita hidup berdampingan saling menjaga satu sama lain, meskipun berbeda keyakinan. Tetapi sejak zaman penjajahan semua warga negara berjuang bersama sama berkorban harta dan nyawa tanpa membedakan keyakinan.

Lalu bukankah tidak pantas jika kita yang mengenyam kemerdekaan membuat perpecahan? Maka dari itu keyakinan dan kepercayaan itu tergantung hidayah masing masing. Sudah sepantasnya kita saling menjaga dan saling menghormati antar umat beragama, bukankan dengan begitu akan jadi indah.

Main ke bali dengan kekasih
Cukup sekian dan terimakasih. 😊