Sabtu, 03 Maret 2018

Mengenal Asuransi Or Insurence

Info- Asuransi Adalah? Nah looo bisa gak masbrur jawab kalau ada Mz ojib Tau gak sih lagi tanya? Hihi biasanya sih ada yang bingung. Ditanya metamorfosis aja pada gak tau hihi.

Kalau masbrur punya mobil pasti deh pada tau, kalau mobil masbrur terjadi insiden kecelakan di srempet atau gimana gtu, biasanya akan ada yang bertanya "mobilnya diasuransi?"

Artinya ada ketenangan jika masbrur bisa jawab "iya", kenapa? Ya karna pihak Asuransi akan menganti biaya servis kerusakan tadi. Lalu apa definisinya?

Asuransi adalah: Perlindungan finansial atau ganti rugi, untuk jiwa, kesehatan dan yang lain. Dari kejadian kejadian yang tidak diduga, seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dari premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Eeh sebentar, premi itu apa?
Premi Asuransi adalah: sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung dalam keikutsertaan sebagai nasabah Asuransi. Dengan besarnya premi yang sudah ditentukan oleh perusahaan Asuransi. Sehingga nasabah bisa mengajukan klaim Asuransi.

Klain Asuransi Adalah: permohonan resmi kepada perusahaan Asuransi, untuk meminta pembayaran berdasarkan perjanjian. Klaim asuransi ini sebelumnya akan di validasi oleh perusahaan Setelah di setujui permohonan klaimnya baru dibayarkan.

Sekarang ini juga ada Asuransi Syari'ah lo masbrur, iya apaa? Sabar bener masbrur, Asuransi Syari'ah ini adalah Asuransi yang berdasarkan prinsip Syari'ah dengan Usaha tolong menolong dan saling melindungi diantara peserta melalui pembentukan dana yang dikelalola secara Syari'ah utuk menghadapi keadaan tertentu.

Lalu bagaimana sih Asuransi itu menurut islam?.
Nah kalau dilihat dalam kaca mata agama ada dua pendapat yang berbeda ni masbrur, pendapat pertama membolehkan asuransi da yang kedua melarang Asuransi, masbrur mau ikut yang mana?.

Kita bahas yang melarang terlebih dulu masbrur.
1. Asuransi disimpulkan oleh sebagian ulama sama dengan judi jadi ikut diharamkan. Seperti dalam Surat Al-Baqoroh 219. Selain itu juga pada Surat Al-Maidah.

Artinya " Hai orang orang yang beriman sesungguhnya khamar, berjudi, berhala dan mengundi nasib dengan panah adalah termasuk perbuatan Syaitan. Maka jauhilah perbuatan perbuatan itu agar kamu mendapat Keberuntungan". Al-Maidah 90.

2. Mengandung unsur Riba.
Kok bisa ada Riba di Asuransi? Ya karna premi dari peserta Asuransi konvensional di depositkan dengan sistim bunga atau Riba. Sedangkan jelas bahwa Riba itu haramkan dalam Al-Qur'an Surat Albaqoroh 278.

Artinya: "hai orang orang yang beriman, bertaqwalah pada Alloh dan tinggalkan sisa Riba jika kamu orang orang yang beriman".

3. Ada unsur pemerasan.
Unsur pemerasan ini ada ketika peserta Asuransi tidak bisa membayar premi maka premi yang sudah dibayar selama ini akan dikurangi atau bahkan bisa hilang.

4. Mendahului kuasa Alloh.

Nah masbrur itu tadi 4 alasan kenapa ulama menghukumi Asuransi haram.
Selanjutnya kita bahas ulama yang membolehkan Asuransi. Asuransi ini dibolehkan karena bayak bermanfaat untuk lingkungan seperti menyantuni anak yatim, mengatasi Masalah banyak orang saat klaim.

Tetapi ada syarat yang harus dipatuhi.
1. Akad Asuransi harus menggunakan sistim tolong menolong antara peserta Asuransi yang sedang mengalami kesulitan.

2. Premi yang dikumpulkan diinvestasikan dengan sistim bagi hasil.

3. Premi yang terkumpul tetap milik peserta Asuransi pihak perusahan hanya yang di amanahi mengelola saja.

4. Jika ada peserta yang mengajukan klaim maka dan diambilkan dari pemi yang sudah dikumpulkan.

5. Jika ada keuntungan dari investasi maka di bagi dua juga dengan peserta dan perusahaan.

6. Ada dewan pengawas agar Asuransi syari'ah tetep menjaga syarat syarat tadi. Sehingga hukum Asuransi boleh.

Bagaimana masbrur mau Pilih Asuransi yang mana? Mau yang syariah atau yang konvensional? Bagi masbrur yang tertarik asuransi syariah bisa lihat list daftar asuransi syariah dibawah ini:

1 BNI Syariah
2 PT Bank Mega Syariah
3 Bank Permata Unit Syariah
4 Bank DKI
5 Bank OCBS-NISP
6 Asuransi Tafakul Keluarga, asuransi 7 jiwa syariah terbaik
8 AIA Financial
9 Central Asia Raya
10 Asuransi Sinar Mas
11 Astra
12 Bintang
13 Staco Mandiri
14 Bringin Sejahtera Makmur
15 Reasuransi International Indonesia
16 Amanah Finance
17 Mandala Multifinance

Nah bagi maabrur yang belum tau asuransi konvensional ini dia daftarnya. Karna banyak jadi pdf aja ya masbrur.


Itulah tadi sedikit tentang asuransi ya masbrur, semoga tulisan ini bermanfaat.

Nyari asuransi sampai kebali
Aye disini pamit undur diri 😊