Rabu, 28 Februari 2018

Lapa Lapa Sultra

Makanan- Sejarah, Resep Lapa Lapa Khas Sultra (Sulawesi Tenggara) aduuh mohon maaf ya bun, jadi jarang update resep buat bunda, akhir  akhir ini malah disibukin dengan setting sukaraja yang sudah Migrasi dari blog non amp ke  blog amp yang lumayan ngabisin waktu.

Gak ngerti ris, yaudah bun dak usah di bahas itu semua cuma buat pengunjung Sukaraja nyaman dan betah lama lama di Sukaraja. Nah resep kali ini sedikit jauh ya bun dari Timur, kenal Lapa Lapa gak? Bukan laba laba lo ya hihi kalau itu gak biza dimakan. Oke nanti kita bahas, sekarang yuk catet ni resepnya buat nambahin koleksi bunda.

Bahan:
1/2 kilo gram beras
1 buah kelapa (jadikan santan)
Sejumput garam
Daun pisang
Tali

Cara membuatnya:
Untuk membuat Lapa Lapa Sultra ini
Pertama : cuci sampai bersih berasnya dulu, Setelah bersih masak bersama dengan air santan dan garam, dengan api kecil ya bun, nanti gosong kalau apinya besar.

Kedua: Setelah nasi menjadi setengah matang atau jadi Aron, kalau orang jawa bilang jadi karon, bungkus dengan Daun pisang seperti bentuk dadar gulung, isinya agak padat ya bun da jangan lupa diikat. Nanti lari hihi.

Ketiga: Setelah semua Aron di bungkus lalu kukus sampai matang, seperti kukus nasi biasa, apinya boleh besar. Setelah benar benar matang angkat dan Lapa Lapa pun Siap dihidangkan, simpel kan bun?.

Apa sih Lapa Lapa itu?

Kalau bunda sedang atau pernah ke Sulawesi utara pasti akan mudah sekali menemukan Lapa Lapa ini, Makanan khas Sultra yang terbuat dari beras dan santan kelapa ini pasti halalnya. Jadi tidak perlu khawatir.

Di Sultra sendiri Lapa Lapa biasanya dinikmati dengan ikan kaholeonarore, apaan tuh? Kuis dangdut hihi bukan bukan bun, just kidding, itu ikan asin kalau orang jawa bilang. Kalau orang sumatera bilang balor...

Sebenarnya di jawa Lapa Lapa ini juga ada, cuman beda penamaan saja, kalau dijawa lebih dikenal dengan nama lepet, ada juga yang bilang lemper.

Bagaimana bun, tertarik buat mencoba atau punya resep yang tak kalah enak silahkan hubungi saya, nanti bisa di publis di Sukaraja.

Makan lepet di sulawesi utara
Yang lagi dapet sampai jumpa 😊