Rabu, 28 Februari 2018

Langkah Membuat Formulir Google

AMP- Jika masbrur mau membuat Contact Form yang Valid di Blog AMP maka sebaiknya masbrur bersiap Siap terlebih dahulu, sebelum menggunakan form contact dari google atau bawaan google, sehingga ketika eksekusi tidak ada yang ter cecer atau istilahnya meminimalisir error di contact form masbrur nanti.

Nah apa saja yang disiaapkan?.

1. Siapin niat.. kok niat ris? Ya kalau masbrur dak niat ya bakal terbengkalai contact form nya. Soalnya lumayan ribet masbrur, tapi jika sungguh sungguh mudah mudahan bisa.

2. Hp android, kalau masbrur punya laptop atau komputer personal malah lebih bagus.

3. Langasung meluncur ke url untuk membuat formulir contact yang sediain google ya. https://docs.google.com/forms/

4. Sampai tahap ini masbrur akan dihadapkan pada halaman seperti gambar dibawah

Trus apa yang harus kita isi? Ubah dulu tulisan Form Tanpa Judul itu dengan Contact misalnya... terserah masbrus aja bisa juga hubungi saya.

5. Selanjutnya klik tanda "+" dan beri nama form yg baru di tambah dengan "Nama" misalnya. Kan kalau di contact form biasanya ada nama, email, komen kan?

Setelah Itu di bawah nya tadi biasanya ada gambar kertas 2 dan tong sampah, klik yang kertas 2 untuk menggandakan form. Gk perlu di paste ya masbrur karena otomatis form nya bertambah di bawahnya.

Nah jangan lupa untuk menggeser tombol yang ada di samping kanan tong sampah.

6. Lakukan langakah no 5 dua kali dan beri judul Email dan Komen. Untuk lebih jelasnya masbrur bisa lihat gambar di bawah.

7. Lalu klik tulisan tanggapan dan tombol + warna hijau.

8. Setelah gambar ini Muncul masbrur biasa pilih buat spreadsheet baru, lalu klik buat.

9. Maka akan Muncul tapilan ini, jika tidak Muncul refres dan klik tanda + warna hijau lagi. Setelah itu close

10. Lalu klik tanda titik 3 disamping foto profil kita dan buang centangan pada batasi 1 tanggapan trus simpan. Jangan di close dulu ya.

11. Langkah terahir lihat source form nya, caranya buka browser google chrome di android masbrur, (kalau di browser lain gagal) lalu ketik kan view-source:urlform . Url form nya dari mana? Ya dari form yang kita buat tadi klik titik 3 di sebelah foto profil, lalu kopi url form nya. Jadinya seperti ini maabrur.

view-source:https://docs.google.com/forms/d/1lLRqioJFG72QMiP-m2OiAVHfQk6PBVmHgtGhkm63KA8/viewform?edit_requested=true

Nah kalau sudah seperti ini berarti sudah jadi, tinggal masbrur kopi dan pasti si notepad atau quickedit kalau di hp untuk memudahkan pencarian. Karna pada langkah selanjutnya kode2 itu dibutuhkan.


Untuk langkah selanjutnya nantikan terus ya masbrur 😉.