Sabtu, 03 Februari 2018

Bikin Mie Ayam Bangka Sendiri

Sukaraja.com- Resep Mie Ayam Bangka, masih seputar mie ni bun, di Bangka Belitong ternyata juga punya sajian yang tak kalah tenar dengan Mie Ayam daerah lain, bukan hanya terkenal dengan lokasi syuting Laskar Pelanginya atau produksi timah dan hasil tambang yang lain. Bangka juga punya banyak sajian kuliner.

Kita bahas satu aja kali ni ya resep mie ayam ala Bangka belitong, seperti biasa siapin dulu bahannya bun.

Bahan:
500 g mie basah
1 sdm minyak sayur
1 sdm kecap asin
2 sdm minyak sayur
2 siung bawang putih, cincang halus
250 g daging ayam, potong kecil
150 g jamur merah, potong-potong
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
200 ml air

Kuah:
500 ml kaldu ayam
1 siung bawang putih cincang
1 sdm daun bawang
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
Pelengkap:
4 batang sawi, potong-potong, rebus
100 g tauge, bersihkan
2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat:
Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan mie sebentar dalam air dan tiriskan. Terus Aduk minyak dan kecap hingga rata baru campur mie aduk sebentar lalu sisihkan dahulu.

Selanjutnya Tumis bawang putih sampi wangi baru masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna dan kaku, tambahin jamur juga boleh, aduk sebentar hingga layu dan tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica dan garam, Aduk hingga tercampur .Tambahkan air dan tunggu sebentar hingga kuah habis lalu Angkat.

Selanjutnya Rebus kaldu ayam, masukkan bawang putih, daun bawang, merica dan garam hingga mendidih lalu angkat. Untuk Penyajian Taruh mie di dalam mangkuk lalu tambahkan sawi, tauge dan daun bawang, Jangan lupa kuahnya bun Mie Bangka siap di hidangkan.


Di daerah asalnya Mie Bangka dikenal sebagai Bakmi Bangka makanan ini merupakan salah satu dari sekian banyak ciri khas kuliner masyarakat pulau Bangka. Ada juga yang bilang Mien yang merupakan jenis masakan Khek / Hakka. Kelezatan, dan kemudahan.

Di Bangka mie ini juga disajikan dengan danging babi sebagai bahan pengganti ayam bagi sebagian orang non muslim, dan ayam untuk muslim, jika bunda ke Bangka dan berminat nyobain mie nya tanya dulu ya pake ayam apa babi jadi bunda bisa menjaga kehalalan makanan yang bunda konsumsi.


Tapi jika khawatir bikin sendiri kayaknya lebih asik hihi. Oce sudah selesai Risna pamit ya bun sampai jumla di lain kesempatan see ya bun 😂