Step By Step Mengganti Tema Blog AMP


Amp - Tertarik buat mengganti tema lama masbrur dengan tema amp? Jika iya step by step mengganti tema blog amp sampai valid via android ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi masbrur dan mbak brur sekalian. Sebenarnya saya sendiri juga belum lama migrasi ke tema amp. Mumpung ada yang mau ngajarin makanya saya beraniin buat migrasi.

Yah maklum saja masbrur saya aktif ngeblog awal november 2017 diterima AdSense desember 2017, migrasi tema ke amp januari 2018, itupun Semuanya full hp android, tidak seperti teman blogger yang beruntung bisa memakai komputer atau laptop, saya cuma punya hp saja. Makanya judul postingan ini juga via android.

Mengganti tema lama ke amp Sebenarnya susah susah nyebelin hihi, kenapa? Ya mungkin karna saya blogger hp jadi agak susah buat seting ini itu, berbeda dengan tema biasa ya masbrur, tema amp ini punya kode sendiri yang harus disesuaikan jika tidak maka blog masbrur tetap berubah temanya tapi validitasnya pasti eror dan wal hasil Logo petir sebagai tanda blog masbrur sudah amp pun tidak nongol.

Pada awalnya saya searching buat nyari bagaimana sih langkahnya? Apa saja urutannya? Maklum saya belum begitu faham soal blog, jadi masih sering Bingung jika membaca tulisan Maz Andhy Suryadi atau mastah yang lain. Karna kebingungan dan tidak menemukan apa yang saya cari, saya putusin buat nonton perkembangannya saja.

Beruntung tidak lama setelah itu, saya di ajarin oleh guru blogger, hihi yup pakudin dengan panjang kali lebar beliau sabar mendengar keluhan saya ahirnya Sukaraja.com bisa muncul di pencarian Google dengan logo petir. 😇. Sengkyu pakudin.

Nah bagaimana cara mengganti tema  blog amp nya? Yang perlu masbrur ingat ada 1 hal yang tidak bisa dilakukan lewat hp yaitu Pertama kali mengganti temanya ke amp harus di kopi paste lewat komputer. Tidak bisa diupload seperti halnnya lewat hp. Saya juga mesti kewarnet buat kopi paste tema ampnya. Setelah itu donload atau upload tema bisa dari hp.

Pertama, donload tema amp sesuai selera masbrur dari penyedia tema amp gratis atau berbayar. Serching aja banyak kok.  Jika mau tema seperti yg saya gunakan bisa unduh MDC, lalu copy kodenya dan pastekan di edit html tema blogger (pasti sudah tau caranya kan) kode html tema yang lama hapus saja.

Kedua, kopi url blogger masbrur contoh http://www.sukaraja.com/ Setelah itu buka   https://search.google.com/test/amp

Apa gunanya? Gunanya untuk memvalidasi blogger masbrur, pastekan url blog masbrur di sana dan jalankan test, jika semua lancar dan tidak ada eror, akan muncul halaman AMP yang valid, lalu submit ke google. (Ada menunya si sana) jika yang muncul bukan haman AMP berarti temanya belum di ganti amp 😜.

Nah Setelah tema valid belum berarti tugas masbrur selesai dan logo Petirnya muncul, berbeda jika membuat blog baru yang pasti tidak perlu mengedit postingan. Karna kita sudah punya postingan maka harus diedit terlebih dahulu agar valid juga. Edit satu satu ya hihi nah ini yang saya bilang nyebelin. Waktu saya edit postingan baru 60 an jadi lumayan pegel ni jempol saya.

Ketiga, edit postingannya sampai valid, jangan lupa untuk mengecek validitas postingan juga. Bagaimana cara edit postingannya nya? Apa yang harus diedit? Kalau saya tulis di sini nanti kepanjangan masbrur, jadi baca aja Cara Edit Postingan Agar Valid AMP Via Android, ada vidionya juga kok. Saya anggap sudah di edit satu satu postingannya ya masbrur,

Keempat, Setelah tema valid dan postingan juga valid semua masbrur tinggal mempercantik tema bisa di tambahin popular pos, google follower, vidio youtube atau lain sebagainya. Sesuai selera saja, tetapi yang perlu masbrur ingat menambah semua widged tadi juga harus sesuai dengan kode amp ya, karna kalau tidak akan eror lagi validitas blog masbrur.

Kelima, waktunya masbrur menunggu logo petir sebagai tanda pergantian tema blog ke amp sudah sukses. Waktunya bisa berbeda beda ya masbrur ada yang cepat ada juga yang lama, tergantung pengindeks kan  ulang dari google. Tetapi logo petir Sukaraja.com sudah muncul pada saat indek 30 dari 60 postingan. Jadi mohon bersabar.

Yah sepertinya itu saja pengalaman yang bisa saya tulis masbrur, jika ada kendala jangan sungkan buat komen, kalau saya belum nemu jawabannya akan saya tanyakan sama guru blogger saya hihi. Sampai jumpa semoga sukses ganti tema blog ampnya. Dan salam blogger hp mania 🙌

Terimakasih.

MayBe You Also Like