Rabu, 31 Januari 2018

Sikap Seorang Muslim Jika Ada Gerhana

Sukaraja.com- Info, Apa Reaksi Kita Selaku Muslim Akan Gerhana Bulan Darah, yup malam ini akan terjadi kejadian yang akan sama sama kita saksikan di Seluruh Indonesia, tapi masbrur fenomena ini sebenarnya sudah di terangkan dengan jelas dalam islam.

Jadi sudah sepantasnya dan seharusnya kita Selaku umat muslim untuk menyikapi kejadian yang tidak lazim ini dengan penuh keyakinan dan keimanan dan di terapkan dalam bentuk ibadah. Bukan hura hura atau hanya sekedar menyaksikan bersama sama orang dengan berkumpul di tanah lapang.

Bukan berarti saya melarang masbrur dan mbakbrur buat menyaksikan kejadian langka itu. Tapi masbrur islam itu agama yang indah, setiap yang diajarkan juga punya makna yang kadang tidak kita ketahui. Jadi masbrur sebaiknya kita harus bersikap selayaknya umat muslim

Lalu bagaimana kita bersikap dan menyikapi Gerhana bulan darah nanti malam? Yup yang pasti semua tak lepas dari Al-Qur'an dan Al-Hadits. Belum tau mana suratnya, berhubung saya baik xixixi(muji diri sendiri) masbrur bisa baca surat Al-Isro


“Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasaan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu. Dan telah Kami berikan kepada Tsamud unta betina itu (sebagai mukjizat) yang dapat dilihat, tetapi mereka menganiaya unta betina itu. Dan Kami tidak memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakuti. (al-Isra: 59)

Juga pada Hadits Bukhori dibawah ini yang artinya;

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari 1044)

Nah masbrur ada juga salah satu riwayat yang menceritakan Bahwa Rosululloh langsung menuju masjid untul melaksanakan sholat setelah melihat adanya Gerhana. Setelah masbrur melihat langsung Gerhana ini muncul pada pukul 20.00 nanti maka bergegaslah untuk melaksanakan sholat Gerhana, Nah masih ingat gak tara cara sholat gerhananya?

Jangam lupa ya masbrur, sebagai umat islam sudah seharusnya kita bersikap sebagai umat islam, selamat menunaikan ibadah yang terjadi 150 tahun lalu ini dan akan terjadi lagi 19 tahun lagi jika umur kita masih. Sampai jumpa


Terimakasih.