Kamis, 11 Januari 2018

Cicipi Gulai Belacan Yuk


Sukaraja.com- Masakan, Cicipi Gulai Belacan, Hooaam masih ngantuk saya bun, ada apaan sih kok dibangunin, "katanya mau bagi resep hari ini?" Oh iya bun lupa saya, bentar bentar tak cuci muka dulu tadi ketiduran lagi abis sholat, nah bunda resep yang satu ini lumayan  jauh dari bengkulu tetapi masih di sumatera.

Apa hayoooo, yup belacan lebih tepatnya Gulai belacan, biasanya kalau orang Melayu Riau pasti tidak asing lagi dengan gulai belacan ini? memang sambal belacan seperti lalapan wajib bagi orang riau bun. Tapi tenang bunda dirumah juga bisa menikmati Gulai Belacan ini kok, gulai dengan kuah campuran belacan atau terasi. Jadi siapin dulu deh bahannya biar tar langsung bisa di masak oce bun.
Bahan:
10 ekor udang besar cuci bersih
1 papan petai, kupas
1 sdm air asam jawa
1 sdm gula pasir
500 ml santan
3 bungkus belacan/terasi
1 sdt garam
1/2 sdt lada
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
6 btr kemiri
6 bh cabai merah
6 bh cabai rawit

Cara Memasak :
Pertama: tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan udang, masak hingga udang berubah warna.
Kedua: Masukkan santan, air asam jawa, gula pasir, garam dan lada, masak hingga semua bahan matang dan kuah mengental.
Ketiga: Masukkan petai, aduk rata, angkat tuang dalam tempat saji dan jadi deh Gulai khas Riaunya.

Sejarah belacan
Belacan merupakan sejenis bahan masakan yang dibuat dari udang yang dihaluskan dan tahan lama. Belacan mentah berbau agak busuk dan perlu pembungkus atau penyimpanan yang baik untuk mengurangi bau belacan.

Belacan telah dihasilkan sejak sebelum 1805 . William Marsden, turut memasukkan perkataan Belacan dalam bukunya "A Dictionary of the Malayan Language" terbitan tahun 1812.

Terasi mempunyai bau yang kuat tetapi sedap dan berkhasiat dimakan. Banyak sekali orang yang gemar membakarnya sedikit sebelum digunakan kerana ini membangkitkan baunya.

Belacan juga merupakan salah satu bahan membuat sambal, nah bunda itu tadi resep dan cara memasak Gulai belacan khas riau semoga bunda cocok degan selera khas melayu ya. Berhubung sudah agak siang saya pamit undur diri dulu ya bun.

Belum beres-beres dan bantuin Ibu' saya tar marah marah kalau dak dibantu. Trimakasih sudah nungguin saya hari ini. Sampai ketemu esok hari degan resep yang berbeda.

Terimakasih.