Belajar Membuat Empek-Empek Palembang Maknyus,

Sukaraja.com- Belajar Membuat Empek-Empek Palembang Maknyus, saya fikir tidak ada yang tidak tau makanan yang satu ini kan bunda! Kalau menyebut Palembang pasti ada embel-embel Empek-empeknya. Bagaimana tidak Palembang dan Pempek tidak bisa dipisahkan seperti siang dan malam cieee sok jadi novelis lagi hihi.
Pempek Palembang


Pempek Palembang

Baca Juga: Mengatasi Mabuk Kendaraan Sikecil
Kalau bunda sudah pernah ke Palembang maka bunda akan tau kenapa saya bilang kota ini tak terpisahkan dengan pempeknya. Bagaimana bisa dipisahkan bunda, dari pusat kota sampai ke pelosok, dari restoran mewah sampai pedagang keliling ribuan yang menjajakan Pempek ini. Dengan berbagai macam variannya, ada Pempek Kapal selam, lenjer, adaan, kulit dan banyak lagi lainnya.

Di Palembang sendiri bunda Pempek ini hampir jadi pengganti nasi jika waktu sarapan datang. Seolah tak kan abdol dan takkan kenyang sebelum makan Pempek. Jadi kalau bunda sempat mampir ke Ampera atau palembang jangan sampai tidak mencoba Pempek Asli Palembang.

Bagaimana Membuatnya?
Nah dari pada kelamaan bicara tar jadi ngiler saya mending langsung eksekusi aja bunda. Siapin dulu alat peranlgnya: amun bundo nak nyubo mak mano caronyo... hehehe ngerti dak bun, tanya ma yang tau ya artinya, masa cuma tau Wong kito galo hihi.

Bahan
1 mangkok Daging ikan (ikannya bebas bunda yang penting haluskan atau blender)
1 mangkok juga air (samain dengan mangkok wadah Daging ikan)
2 sendok miyak sayur
Garam secukupnya
Tepung kanji secukupnya(sesuai selera mau dibuat agak keras atau lembut)
Sedikit bawang goreng

Bahan Cuko
200 gram bawang putih
Cabai sesuai selera
1 kg gula jawa
3 sendok makan cuka, bisa bunda ganti air Jeruk
2 liter air
Garam secukupnya.

Cara Membuat
Pertama: larutkan garam dalam air campur dengan Daging ikan aduk sampai rata. Cicipi sedikit sampai dirasa cukup asinnya.

Kedua: tambahkan Tepung kanji sambil diaduk sampai dirasa cukup kenyal. Semakin banyak Tepung kanji Semakin keras adonannya.

Ketiga: uleni adonan dan bentuk sesuai selera, untuk pempek kapal selam pipihkan dan isi dengan telur rebus lalu tutup telurnya, sedangkan pempek lenjer bentuk seperti dadar gulung lalu rebus dalm air mendidih tunggu sampai mengapung. Lalu angkat dan tiriskan.

Untuk adaan sedikit berbeda bunda adonan tadi di campur dengan telur dan sedikit bawang goreng lalu bentuk bulat seperti bakso dan goreng sampai mengapung. Untuk membuat pempek tadi awet taburi pempek dengan Tepung ya bun biar bisa tahan sampai 1 minggu lebih. Ingant bunda sebelum di hidangkan goreng lagi biar makin krispi.

Untuk Cuko nya, haluskan terlebih dahulu bawang putih dan cabe lalu campur dengan rebusan gula jawa, tambahkan garam dan cuka tunggu hingga agak mengental.

Pempek pun siap dihidangkan, bagaimana bunda! Sudah faham kan, silahkan di nikmati dan jangan lupa ke Palembang langsung jika ada waktu, saya pamit undur diri dulu ya bunda, semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat bagi bunda. Salam hangat buat keluarga dirumah. See u all tomorrow 😝.

MayBe You Also Like