Kamis, 04 Januari 2018

Belajar Membuat Bika Ambon Maknyus


Sukaraja.com- Setelah lama tidak posting mari kita jalan-jalan ke Ambon bun, Pasti tidak asing lagi kan dengan makanan yang satu ini Apalagi bagi bunda yang sudah pernah ke Medan Sumatera Utara, tentu tidak sah dan tidak abdoool kalau belum nyobain makanan berwarna kuning kaya spongebob itu hihi, tapi tau gak sih bun bagaimana makanan ini bisa jadi makanan khas Ambon selain Pisangnya?.
Kenapa Dinamai Bika Ambon?

Kata budayawan setempat M Muhar sih bika ambon itu terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Yang ahirnya dimodifikasi dengan tambahan nira/tuak enau sehingga berongga dan berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Menurutnya kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual dan popular di simpang Jl Ambon-Sei Kera Medan jadilah dinamakan Bika Ambon.

Selain sebagai cemilan ni bun di Ambon bika ini juga jadi oleh-oleh khas yang hanya bisa di temui di Ambon, jadi kalau bunda nanti berlibur ke Medan cari deh tu makanan yang satu ini. Sedangkan Bagi bunda yang tingga di medan kagak usah nyari ya kan sudah biasa menikmatinya hihi. Tinggal buat sendiri aja beres, tapi tau dak gimana buatnya? Pasti tau dong.
Bagaimana Membuatnya?

Baca Juga : Membuat Empek-Empek Palembang
Untuk Membuatnya terlebih dahulu persiapkan segala sesuatunya biar nanti tidak ada yang keliru. Yuk kita siapin dulu:

Bahan
300 gram Tepung Sagu
100 gram tepung terigu
200 mililiter air Kelapa/nira
11 gram ragi
600 ml Santan
15 butir kuning telur
1 sendok teh vanili
1 sendok teh garam dapur.
450 gram gula pasir yang putih.

Bika Ambon

Cara Membuat
Pertama: Ambil wadah dan Campurkan tepung terigu dan ragi instan. Aduk sampai kedua bahan tersebut rata. Lalu masukkan sedikit demi sedikit air kelapa sambil di aduk pelan pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur dan tidak ada gumpalan tepung. Diamkan sebentar atau sekitar 14-16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.

Kedua: Ambil wadah yang ukurannya lebih besar. Masukkan 400 gram gula pasir, garam dan vanili. Campur menggunakan spatula. Tambahkan kuning telur satu peesatu sambil diaduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.

Ketiga: ambil adonan wadah pertama dan Campurkan ke adonan di wadah kedua. Aduk sampai rata lalu Tambahkan 300 gram tepung sagu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Baru tuangkan santan kental sedikit demi sedkit de dalam adonan sambil di aduk boleh pakai mixer kalau capek, saring dan diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya hasil jadi Kue Bika Ambonnya nanti mengembang dan ada pori porinya.

Terahir: Panaskan oven lalu ambil cetakan dan olesi sedikit minyak agar tidak lengket. Masukkan semua adonan ke dalam cetakannya. Untuk hasil bagus adonan tidak perlu diaduk kembali. Cukup tuangkan ke dalam cetakam. Setelah oven sudah panas, masukkan ke dalamnya.

Gunakan api sedang dan pintu oven biarkan terbuka sedikit. Hanya untuk menyalurkan hawa panas, panggang sekitar 7-13 menit sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dan tunggu dingin. Jadilah bika ambonya. Bagaimana bunda tertarik buat nyobain bikin? Semoga berhasil ya dengan ujicobanya. Sampai ketemu esok hari. Terimakasih.