Senin, 08 Januari 2018

Belajar Bikin Pendap Yuk



Sukaraja.com- Belajar Bikin Pendap Yuk, Kalo kemaren kita Udah jalan-jalan ke Ambon sambil nyicipi Bika nya nah sekarang kita kemana ya bun? Ada saran gak? Ap kita ke nyicip Pendap aja ya? Nah pada tau kagak Pendap.. kalau belum tau berarti bunda belum main ke Bengkulu. Pendap ini salah satu makanan khas Provinsi Bengkulu, jadi kalau bunda singgah di kota Raflesia Arnoldi atau bunga Bangkai jangan lupa buat nyicipin. Bukan raflesianya lo ya, tar raflesianya yang di cicipin, kalau bunga itu jadiin foto eksotis aja bun, satu2 nya di indonesia hihi.

Apa Itu Pendap?

Pendap ini kalau kata orang jawa pepes bun, cuma berbeda ikan yang dipakai, Selain itu jika pepes dibungkus dengan daun pisang biasanya berbeda dengan Pendap yang dibungkus daun talas. Sehingga memiliki cita rasa khas yang dapat menggugah selera makan. Juga memiliki cita rasa yang pedas dan gurih ini, Selain itu sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang, dan negara lainnya.

Pendap

Bagaimana Sejarahnya?

Pandap atau masyarakat setempat menyebutnya batutuk adalah makanan tradisional khas Krui, Lampung Barat, dan Bengkulu, dan sudah ada sejak jaman dahulu. Selain jadi salah satu lagu yang dirilis dalam album lagu daerah Bengkulu sekitar tahun 1990-an. Pendap ini merupakan makanan favorit Presiden Soekarno saat menjalani masa pengasingan di Kota Bengkulu dari 1938 sampai1942. 

Cara Memasaknya?

Tenang bun, tak jika belum bisa jalan-jalan kesana bunda bisa belajar bikin pendapya kok, mari siapin bahannya Terlebih dahulu.

400 gram ikan kembung, dicuci bersih
2 batang daun bawang potong 1/2 cm
1 tangkai daun seledri iris
2 cm lengkuas geprek
1 batang serai geprek
3 buah asam kandis
5 lembar daun mangkukan diiris
100 gram kelapa parut yang disangrai
300 ml santan
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak sayur
daun talas untuk membungkus

Bumbunya
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri disangrai dulu
6 buah cabai merah
2 cm jahe
2 cm kunyit yang dibakar

Cara memasak

Pertama: Remas-remas daun mangkukan dengan garam lalu Cuci bersih dan Tiriskan. setelah itu haluskan bumbu lalu Lumuri ikan kembung dengan separuh dari bumbu. Bungkus seperti pepes dan

Kukus selama 30 menit sampai matang. buka dan Letakkan di atas piring.

Kedua: Tumis sisa bumbu tadi sampai harum. Lalu tambahkan daun bawang, daun seledri, lengkuas, serai, asam kandis, dan daun mangkukan Aduk sampai layu.

Ketiga: Masukkan kelapa parut Aduk perlahan sampai rata. Masukkan juga santan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Tunggu sampai matang dan tuangkan ke atas ikan kembung

Nah Pendap atau pepesnya sudah jadi bun, tinggal ambil nasi anget trus di nikmatin bersama keluarga hihi. Trimakasih sudah berkunjung bun, sampai jumpa esok hari.