Jumat, 26 Januari 2018

Backup Blog Sebelum Cekot Cekot


Sukaraja.com Blog- Penting gak sih  Backup Postingan Blog itu?, hihi masbrur ini seneng becanda aja, begini masbrur ini menurut saya lho ya kalau salah mohon dikoreksi, membackup blog itu sangat penting seperti hukum yang lain yang bisa menyesuaikan dengan keadaan seperti hukum nikah (nikah CIE CIE) bisa jadi haram jika niatnya buat menyakiti pasangan bisa wajib jika sudah mampu dan takut tidak bisa mengendalikan syahwat dan 3 lagi hukum yang lain.

Begitu juga backup blog ini masbrur, bisa jadi wajib ketika masbrur tiba tiba terkena masalah contohnya secara mendadak masbrur lupa Sandi email admin blog, Trus dak bisa reset karena no hp yang digunakan untuk verifikasi sudah mati. Nah masbrur mau bagaimana lagi kalau sudah Seperti itu.

Atau secara mendadak email admin blog masbrur di nonaktifkan tanpa pemberitahuan bisa karna melanggar kebijakan google Misalnya, iya kalau cuman 1 blog kalau masbrur punya 10 blog dalam 1 email atau 1 blog dengan postingan ribuan. Apa dak pingsan tu tiba tiba dak bisa ngakses email karna di nonaktifin. Wah kalau saya sudah pingsan kali masbrur.

Seperti baru baru ini saya sempet baca status mas gani Sebastian, gak kenal? MasyaAlloh masbrur.. blogger senior yang tulisannya keren abis, admin Klikmania... nah tau kan. Belum lama ini salah satu email beliau dinonaktifin sama si Mbah google ini. Masalahnya saya kurang faham karna dak nyangkut di kepal saya pas bacanya, bahasanya para mastah masbrur.

Bayangin deh blog besar seukuran klik mania kalau kena nonaktif Padahal postingannya dan pengunjungnya udah ribuan bagaimana itu?... berhubung beliau punya backup blog nya jadi Tenang Tenang saja sambil minum kopi hihi ama kue aseeeeek.

Menurut beliau sih yang kena nonaktif kan email atau blog nya artinya bisa di custom domain lagi  tinggal import backup tadi ke blog baru dan taraa semua postingan dan pengunjung  blog pun kembali dengan selamat. Gak perlu jungkir balik mikirin postingan yang hilang kan. Makanya bagi masbrur yang belum membackup blog nya buruan deh.

Bagaimana cara membackup atau mencadangkan postingan atau konten  blog? Ini dia masalahnya karna sederhana prosesnya jadi diabaikan oleh para blogger mania dan dianggap tidak wajib karna jarang terjadi hal hal diatas tadi. Tetapi masbrur sekali lagi sedia payung sebelum hujan, sedia rakit sebelum banjir. Backup secara rutin sebulan sekali Misalnya, toh file backup juga kecil ukurannya dan tidak memenuhi memori.

Caranya cukul login blog masbrur, lalu pilih setting atau setelan, Trus klik lainnya. Pada menu backup konten klik simpan ke komputer dan beres. Backup blog masbrur sudah terbentuk sempurna, jadi jika terjadi hal hal yang tidak di inginkan masbrur sudah siap dan punya solusi cerdas. Maaf ya masbrur postingnya siangan tadi masaknya kelamaan ­čśť

Terimakasih.