Jumat, 08 Desember 2017

Makan Dulu Coto Nya Baru Ke Banjar

Sukaraja.com- Makan Dulu Coto nya Baru Ke Banjar, bingung ni mau masak apaan ya yang enak ngilangin lapar tapi dak bikin terlalu kenyang, apaan y bun... oiya kemaren sempet liat liat coto apa bikin coto aja ya.. hehehe, kalo Soto

kan sudah sering ni bunda makannya meski sama sama coto tapi ini khas dari banjarmasin. Loo jadi meski belum bisa kesono paling tidak bisa nikmatin coto banjarnya dulu kan bun.

Seperti kita sama sama tau bahan utama pembuatan Soto ada kayu manis, daging ayam, mie, kentang dan masih banyak lagi yang nanti akan kita siapin sama sama. Begitu juga dengan bumbunya, ada bawang merah dan putih, lada, cengkeh, kunyit dan banyak lagi, pasti bunda yang di rumah lebih tau ya ... maaf bukan menggurui kok bun cuma saling berbagi aja.

Dari pada kebanyakan ngomong tar malah gak jadi jadi bikin Cotonya, bagaimana kalau langsung aja kita praktekin ya bun, kan ngambek... iya iya langsung saya siapin bahannya aja ya bun dari pada kena semprot saya 😑

Bahan:
1 ekor ayam
2 buah kentang rebus
100 gram soun
3 sendok makan bawang goreng
1 sendok makan bawang putih goreng
5 batang seledri
4 butir telur rebus
4 sendok makan minyak sayur
4 buah perkedel
1 buah ketupat
1 batang kayu manis
1 buah jeruk nipis
1 zendok makan kecap manis
1500 mili air

Wew banyak ya bun bahannya? Tapi ada kan di dapur, tambah lagi yuk bumbunya

Bumbu:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Setengah sendok teh jintan
Setengah sendok teh adan
2 centi kunyit
3 centi jahe
1 sendok teh garam

Cara Memasak:
Baiklah bunda semua bahan sudah ada pertama haluskan semua Bumbu terlebih dahulu kemudian tumis sebentar angkat setelah harum. Selanjutnya rebus ayam bersama kayu manis sampai mendidih lalu masukkan Bumbu halus. Tunggu hingga daging ayam empuk. Nah setelah di rasa aya sudah empuk angkat dan tiriskan ya bun, jangan pakai tangan langsung ya tar melepuh masih panas 😄, Tunggu hingga dingin dan iris ayam menjadi kecil kecil. Hampir selesai bun , siapkan mangkok, potong potong ketupat masukkan dalam mangkok, juga soun, perkedel, kentang, irisan ayam, dan telur baru tuangkan kuah rebusan ayam tadi kemangkok. Beres bunda coto Banjarnya siap di nikmati.

Baca Juga : Hayooo Masih Mau Gemuk?

Tips: apa tipsnya ya bun hihi, untuk telur kentang dan perkedel bisa disesuaikan banyaknya, potong terlebih dahulu telur sebelum di hidangkan atau bisa juga utuh.

Info:
Bagaimana Cotonya bunda? Sudah habis atau cuma sisa mangkoknya hihi, tapi taukah bunda kenapa dan siapa yang membawa coto ke banjarmasin? Ini dia jawabannya.

Soto yang kita kenal saat ini dahulunya diadopsi dari Caudo yaitu makanan khas dari daratan cina yang pertama di bawa ke semarang karna dialeg berbeda ahirnya disebutlah Soto oleh penduduk semarang, sedangkan di makasar dinamakan Coto yang dibawa dari demak, Tauto untuk pekalongan.

Buka hanya nama yang berbaur dengan penduduk kita tetapi Bumbu nya juga telah disesuaikan sedemikian rupa dengan tekhnik racikan yang pas, sehingga Soto tetap mempunyai tempat tersendiri di hati pencintanya. Sampai sampai Soto ini ditulis oleh Warga Asing Bernama Denny's Lombard dalam bukunya Nusa Jawa Silang Budaya.

Sudah tau kan bun... begitulah sejarah dari Soto semoga kita yang mewarisi bis menjaganya hingga akhir nanti. Trimakasih buat kunjungannya sampai ketemu lagi esok hari dengan menu berbeda. Tolong share ya 😳