Jumat, 29 Desember 2017

Cara Membuat Sop Konro Maknyus

Sukaraja.com- Cara Membuat Sop Konro Mak Nyus, Kalo liatain Iga sapi kok jadi pengen ke makasar ya saya bunda.. apa lagi sambil duduk di pantai Losari sambil menikmati sop khas makasar wuiih pasti Seru dan mengesankan. Ih jadi ngiler saya bunda. Tapi sama keluarga kalau sendirian mah jadi galau nanti suasananya romantis eeh malah sendiri kasian 😝.

Iga Sapi

Bunda pasti tau kan Sop Konro dan Cara membuatnya! Apa, ada yang belum tau cara buatnya? Yaah bunda jangan gitu dong.. kan bunda tau segalanya hihi. Kalau bapak-bapak taunya makan 😒, hahaha just hujan lo ya. Nah bagi bunda yang belum tau simak dulu deh sop Konro yang satu ini.

Apa Sih Sop Konro?

Baca Juga : Membuat Sekoteng
Seperti yang Risna bilang diatas sop konro ini khas dari makasar bunda, seperti di masing masing daerah yang memiliki beragam hidangan khas tak beda dengan makasar. Bagan yang sering digunakan atau bahan utamanya itu Iga sapi ditambah remph yang lengkap sehingga warna kuah sop Konro ini jadi agak kehitaman dan wanginya bunda... bikin ngiler hehe tapi bagi yang doyan daging sapi ya, sebab ada temen yang pobia ma daging sapi.

Khusus untuk yang seperti temen saya itu mending jangan di kasih deh daripada dia nanti triak-triak trus dak mau temenan ma kita. Mending kasih ketupatnya aja, karna biasanya sop konro dinikmati dengan ketupat. Bagiman bunda! Tertarik buat nyobain bikin menu khas makasar ini dirumah? Yuk langsung aja siapin bahannya.

Bahan:
350 gram Iga sapi
1000 mili air bersih
2 centi kayu manis
2 butir cengkeh
1 cm lengkuas
1 lembar daun salam
2 1/2 sendok garam
2 1/2 sendok gula
1 sendok teh asam jawa
2 siung bawang merah iris iris
1 sendok bawang goreng
1 lembar daun jeruk
2 sendok miyak sayur

Bumbu Halus:
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdm ketumbar
2 buah kemiri
1 cm kunyit

Apa Sih Sop Konro?
Pertama rebus terlebih dahulu Iga sapi bersama cengkeh, lengkuas, kayu manis, daun salam, garam, gula pasir, dan asam jawa tunggu hingga daging sapi jadi lembut.

Kedua tumbuk semua Bumbu Halus lalu tumis dengan irisn bawang merah dan daun jeruk tunggu sampai harum lalu masukkan dalam rebusan iga sapi, aduk perlahan dan tunggu sampai benar benar matang.

Terakhir tuangkan dalam mangkok untuk sentuhan ahir bunda bisa menambahkan bawang goreng jadideh... sop Konro khas makasar siap di Nikmati di pinggir pantai Losari hihi. Nah bunda meski kita belum bisa berwisata ke Losari paling gak bisa menikmati sop Konro nya di pinggir kali xixixi 😝.

Sop Konro

Dari pada di pinggir jalan tar di razia sarpol pp, mending di pinggir kali, sebelum saya pamit kalau bunda punya resep yang bisa di bagi silahkan share dengan saya ya bunda nanti bisa saya publis dan tetep ada nama bunda di sana. Mohon maaf bunda saya tidak bisa menemani lebih lama lagi, mesti beres Beres 😧. See u again bun. Trimakasih sudah berkunjung.