Rabu, 06 Desember 2017

Cara Membuat Kerak Telor Ala Sukaraja

Sukaraja.com- Cara Membuat Kerak Telor Ala Sukaraja, nah bunda di posting ke 19 kita kali ini pasti bunda semua sudah akrab dengan menu yang satu ini, terlebih yang berdomisili di ibukota negara yak Jakarta punya cerita. Akan tetapi meskipun tau bahan dan cara membuatnya belum tentu rasanya akan sama dengan yang dibuat oleh abang penjualnya,

yang pada kenyataanya sudah tiap hari menggeluti Kerak Telor ini. Tetapi bunda tidak ada salahnya kan kalau kita juga tau bagaimana caranya, karna menurut sejarah Kerak Telor juga dibuay dengan tidak sengaja karna bahan yang berlimpah di bumi kita. Oke kita mulai belajarnya:

Bahan:
25 gram beras ketan
50 mili liter air rendaman beras ketan
1 butir telur ayam
3 gram ebi
6 gram bawang merah goreng
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak Sayur

Bumbu:
2 buah cabai kriting
1 centi kencur
1 centi jahe
Sejumput lada


Cara Membuat:
Pertama rendam beras ketan selama satu malam kemudian tiriskan, haluskan Bumbu yang ada dan tumis sampai tercium bau harum , selanjutnya masukkan beras ketannya kedalam wajan cekung, siram dengan air rendaman beras tadi tunggu sampai setengah kering, sambil menunggu air setengah kering kocok telur dengan di campur dengan Bumbu halus, gula pasir, garam juga bawang goreng setelah merata dan air setengah kering siramkan kocokan telur ke atas beras ketan, aduk dan ratakan di wajan. Tutup wajan dan balik tunggu hingga matang dan taburi dengan ebi dan bawang goreng. Taraaa kerak telornya siap di santap. Baca Juga: Semanggi Pengusir Batuk 100 Hari

Tips:
Tingkat kepedasan bisa di seauaikan ya bun, begitu juga Bumbu lainnya sering 2 coba biar sesuai dengan lidah masing2.

Info:
Apa itu Kerak Telor? Kerak Telor adalah makanan khas Betawi atau Jakarta dengan bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi yang di sangrai, ditambah Bumbu berupa bawang goreng, kencur, cabai, lada, garam dan gula pasir. Kerak Telor sudah ada sejak jaman belanda yang jakarta dulu masih di sebut dengan Batavia, karna banyaknya kelapa dan beras ketan dua orang Betawi iseng mencampurkan semuanya dengan Bumbu dapur dan jadilah Kerak Telor, yang ternyata sangat disukai dari dulu hingga kini sampai sampai menjadi makanan elit kaum Betawi.

Nah itu tadi tentang Kerak Telornya bunda, tertarik untuk membuatnya di rumh dan mencicipinya..? Kalau ada yang salah dari tulisan saya mohon di tulia di komentar, dan trimakasih sudah mampir, jangan lupa like dan share nya, sampai jumpa esok hari 😊.