Sabtu, 02 Desember 2017

Cara Memasak Gudeg Ala Sukaraja


Sukaraja.com- Cara Memasak Gudeg Ala Sukaraja, selamat pagi bunda, bagaimana pagi ini? Masih sehat selalu dan semangat kan, buat yang lagi sakit semoga cepet sembuh, ada yang pernah ke Jogja? Pasti banyak kan, nah menu kita yang ke 15 ini berkaitan dengan masakan khas dari Jogja..

yup Jogja selain terkenal dengan borobudur dan tempat wisata yang lainnya ada juga Gudeg yang pastinya bikin ngiler harganya yang terjangkau dan citarasa yang sulit dilupakan. Sebenarnya masih banyak menu yang hanya kita temukan di sana akan tetapi untuk pagi ini kita bahas yang ini dulu ya.. yuk langsung siapin perlengkapannya:

Bahan:
1 setengah kilo nangka muda
1 setengah liter santan kelapa (kental)
1 setengah liter santan kelapa (encer)
4 buah telur bacem
3 buah Tempe dan tahu bacem
1 seper empat kilo gula merah
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan garam
2 lembar daun jati
4 lembar daun salam
2 ruas lengkuas

Bumbu:
5 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 setengah sendok makan ketumbar
5 buah kemiri sangrai terlebih dahulu

Cara Memasak:
Kupas kulit nangka muda terlebih dahulu cuci bersih dan potong menjadi kecil-kecil sesuai selera, kemudian masukkan daun jati kedalam panci sebagai alas, setelah itu taruh Telur didalam panci yang sudah dialasi dun jati, kemudian nangka, gula merah, gula pasir, lengkuas dan daun salamnya bun. Berikutnya masukkan juga Bumbu yang sudah dihaluskan, dan tuangkan santan kental aduk perlahan, masak dengan api kecil selama 4 jam kurang lebih sambil di aduk perlahan. Setelah nangka masak angkat dan simpan selam 1 sampai 3 hari kemudian panaskan lagi untuk hasil yang lebih terasa. Baca Juga: Cara Membuat Otak Otak

Tips:
Untuk membuat warna gudek tadi menjadi lebih gelap bisa di tambahkan daun kelor, untuk telur, Tempe dan tahu bacem bisa di sesuaikan banyaknya, kalau tidak ada telur bacem bisa di ganti dengan telur rebus.

Info:
Gudeg (ejaan bahasa Jawa: (gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang. Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer. Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Ada sebuah cerita yang beredar dimasyarakat yang mengisukan bahwa warna coklat pada gudeg dihasilkan daridarah ayam yang ditambahkan pada masakan. Mitos ini tidak benar, karena warna coklat dihasilkan dari daun kelor.

Nah bun itu tadi cara memasak Gudeg khas dari Jogja, semoga bisa menambah menu dapur bunda semuanya ya, jangan lupa like dan share biar saya juga semangat posting menu tiap hari. Bagi bunda yang mau berkomentar silahkan tulis di bawah ini, trimakasih untuk kunjungannya sampai jumpa esok pagi 😜.