Jumat, 01 Desember 2017

Cara Membuat Otak-Otak Ala Sukaraja

Sukaraja.com- Cara Membuat Otak-Otak, selamat pagi bunda... mau masak apa pagi ini? Apapun masakannya minumnya air ya bun jangan minum batu 😝 kalo kemaren kita sudah buat minuman yang sueeger dan tak bikin teler lo ya, bisa juga untuk nambah koleksi jualannya.

Pada postingan ke 14 kita kali ini ada menu yang bisa bunda tambahin ke list masakan faforit keluarga. Jangan khawatir tentang manfaatnya ya bun, makanan yang satu ini bahan utamanya dari ikan tenggiri pasti tau kan manfaat yang terkandung pada ikan yang satu ini, nah langsung saja kita siapin bahan perangnya.

Bahan:
250 gram ikan tenggiri (haluskan)
2 buah telur (putihnya saja)
25 gram tepung terigu
120 gram tepung tapioka
50 mili santan kelapa
5 siung bawang merah
3 siung bawang pitih
1 sendok teh lada
1 setengah sendok teh garam
2 sendok teh gul pasir
1 setengah sendok teh baking powder
1 buah daun bawang
Minyak sayur secukupnya


Cara Membuat:
Pertama haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih dan ladanya ya bun, lalu campur dengan ikan tenggirinya, tambahkan juga gula pasir dan garam. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, baking powder, irisan daun bawang dan santannya, aduk sampai rata. Setelah adonan jadi bentuk menjadi oval memanjang, biar tida lengket olesi dengan Minyak sayur sedikit tangannya. Kukus selama kurang lebih 15 menit, Setelah di Kukus angkat dan diginkan, baru siap di goreng sampai terlihat warnanya berubah keemasan, taraaa jadi deh Otak Otaknya. Baca Juga: Cara Membuat Es Teler

Tips:

Bagi bunda yang tidak suka yang di goreng bisa juga Setelah di Kukus bungkus Dengan daun pisang dan di bakar.

Info:
Apa itu Otak-Otak?Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari daging tengiri cincang yang dibungkus dengan daun pisang, dipanggang, dan disajikan dengan kuah asam pedas. Penganan ini populer di kawasan sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata, seperti Kepulauan Riau,Singapura, dan Malaysia, namun tersebar luas pula di berbagai kota di Sumatera dan Jawa. Di Malaysia, Muarterkenal dengan otak-otaknya. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di Tanjungpinang.

Otak berarti “otak” di Indonesia dan Melayu, dan nama hidangan ini berasal dari ide bahwa hidangan agak menyerupai otak, memiliki warna abu-abu keputihan, lembut dan hampir licin. Namun demikian, itu hanya otak-otak dari Indonesia yang memiliki warna keputihan, sedangkan otak-otak dari Malaysia dan Singapura memiliki pewarna oranye kemerahan atau coklat diperoleh dari cabai, kunyit dan bubuk kari.

Nah bunda sudah faham kan caranya membuat menu ke 14 kita pagi ini, semoga bermanfaat dan slalu mengunjungi postingan saya, bagi yang mau komen silahkan tulis di bawah post ini, jangan lupa like dan share nya ya bun, trimakasih.