Kamis, 30 November 2017

Cara Membuat Es Teler Ala Sukaraja


Sukaraja.com- Cara Membuat Es Teler, Selamat pagi bunda... masih sehat dan berseri serikah hari ini? Pastinya dong kan sudah bisa membuat bsrmacam macam masakan khas daerah yang mempunyai cita rasa istimewa. Baiklah untuk menu ke 13 kita hari ini mari sama sama kita buat Es Teler.... cuma namanya aja lho yang Teler bunda, tak ada alkohol ataupun efek negatifnya untuk keluarga kita tersayang.

Bahkan akan memberikan banyak sekali manfaat, sebab bahannya di dominasi buah buahan yang kaya manfaat. Oke langsung saja kita siapin perlengkapannya:

Bahan:
1 liter santan kelapa
1 lembar daun pandan
145 mili liter susu kental manis
150 gram gula pasir
Garam sedikit
Setengah liter sirup
Setengah mangkuk daging buah nangka yang di iris tipis
200 gram kolang kaling
1 mangkuk daging kelapa muda
3 buah alpukat potong dadu
1 mangkok agar-agar potong dadu
Es serut secukupnya

Cara Membuat:
Rebus santan, daun pandan juga garam sampai mendidih, aduk perlahan agar tida terpecah santannya kemudian angkat dan dinginkan. Selanjutnya rebus kolang kaling tambahkan gula sampai mendidih terus dinginkan dan buang airnya. Terahir masukkan kolang kaling, nangka, alpukat, agar agar dan es serut kedalam mangkok, Setelah itu tuangkan sirup, santan dan susu kental manis secukupnya ya bun. Dan jadideh es telernya, selamat menikmati 😊. Baca Juga: Cara Memasak Gulai Patin Khas Jambi

Tips:
Untuk tips kali ini bunda bisa menambahkan buah semangka untuk mempercantik warna, atau buat agar agarnya dengan warna lain biar lebih menarik.

Info:
Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah.

Hj. Samijem dan Tukiman adalah orang pertama yang menemukannya. “Memang awalnya saya yang menemukan racikan es teler itu. Setelah itu, es teler makin banyak dimana-mana. Saya sengaja tak mematenkannya,” ujarnya.

Demi menopang hidup, keluarga Darmo Putro merantau ke Jakarta sebagai pedagang buah asongan didaerah Menteng, Jakarta Pusat. Dirasa hasil dari berdagang buah kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keluarga Darmo Putro (Tukiman Darmowijono) lalu berinisiatif untuk menjual es buah. Seiringnya berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan mencampurkan buah nangka, kelapa, alpokat, sirup, dan susu. Tanpa diduga, banyak orang yang suka dengan campuran berbagai buah tersebut.

Nama itu diambil dari ungkapan seorang pelanggan yang mengatakan “esnya bikin teler“. Dari ungkapan tersebut es teler dirasa cocok sebagai nama minuman lezat ini.

Bermodalkan keberanian, tekat, dan sedikit uang, keluarga darmo putro lalu membuka warung makan didaerah Cikini, Jakarta Pusat di kawasan metropol Megaria. Rumah makan tersebut diberi nama Es Teler Sari Mulia Asli. Dirumah makan ini, menyediakan juga Ayam Goreng, Bakso, Siomay, dan berbagai aneka minuman. Dan usaha keluarga Darmo Putro berkembang hingga sekarang.

Itulah tadi sekilas tentang Es Telernya semoga bisa menambah menu di dapur bunda ya. Dan bagi yang mau berkomentar silahkan tulis dibawah ini, dan jangan lupa like share nya ya bun.. juga teimakasih sudah berkunjung 😊.