Jumat, 24 November 2017

Cara Membuat Es Cendol

Sukaraja.com- Cara Membuat Es Cendol, Selamat pagi bunda.. Pasti sehat kan pagi ini? Kalaupun ada yang sedang sakit semoga cepet sembuh ya Dan jangan lupa ikhtiarnya mium obat, nah gimana pizza nya kemaren sedap kan.. tentunya buatan bunda tersayang :p.

Es Cendol

Kalau kemaren sudah buat pizza sekarang akan lebih baik lagi kalau bunda juga bisa Membuat minuman asli Indonesia tepatnya dari jawa barat, apa hayoo.. Yup benar sekali Es Cendol mari kita siapkan bahan posting ke tujuh kita:

Bahan:
Adonan

60 gram tepug kanji,
2 sendok makan gula pasir,
90 gram tepung beras
Sedikit garam
25 lembar daun pandan
200 mili air bersih
500 mili air bersih (dipisah)

Pemanis
50 gram gula pasir
200 gram gula merah
170 mili air bersih

Santan
1 bungkus santan kara (bisa pakai santan kelapa)
600 mili air bersih
Garam sedikit
2 lembar daun pandan

Cara Membuat:
25 lembar daun pandan dicampur dengan air 200 mili air dan haluskan dengan menggunakan mixer, setelah halus saring Dan ambil airnya. Selanjutnya tambahkan 500 mili air, gula 2 sendok, garam, tepung beras Dan tepung kanji aduk sampai mengental ya bun. Selanjutnya masukkan adonan kedalam plastik berbentuk kerucut, potong ujungnya, Dan tekan sampai adonan keluar tetapi sebelumnya siapkan dulu air es agar adonan yang jatuh langsung masuk kedalam air es tadi.

Untuk pemanisnya rebus gula pasir Dan gula merah sampai mendidih Dan saring.

Nah untuk santannya potong kecil kecil daun pandan rebus bersama santan, Dan tambahkan garam sedikit tunggu hingga mendidih Dan saring. Semua bahan sudah jadi tinggal tuangkan dalam gelas Dan tambahkan es batu biar makin seger. Baca Juga: Cara Membuat Pizza Ayam

Tips:
Waktu penyajian bisa juga di tambahkan kacang merah Dan kolang kaling, memang sedikit ribet cara buatnya tapi lebih baik buat sendiri dari pada beli Dan di campur bahan yang tidak sehat. Sekaligus melestarikan kuliner asli Indonesia, ada sejarahnya lo bun ni sekedar info sejarahnya.

Sejarah:
Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. DiSunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. DiSunda, minum cendol disebut 'nyendol'.

Itulah tadi sedikit tentang Cara Membuat Es Cendolnya ya bun semoga bermanfaat Dan bisa menjaga salah satu kuliner asli kita, bagi yang mau berkomentar silahkan tulis dibawah postingan ini Dan trimakasih untuk kunjungannya plus jangan lupa like & share ^_~