Minggu, 26 November 2017

Cara Membuat Beer Pletok


Sukaraja.com- Cara Membuat Beer Pletok- selamat pagi bunda ketemu lagi ni ama gadis manis yang slalu di kangenin bunda sekalian hihi, maaf ya bunda narsis dikit pagi pagi, mau posting apa ya di hari ke 9 ini ya bun..? Ada saran..? Kalau ada saran jangan sungkan buat kasih tau ya bun. Nah saya ada ide ni bun bagaimana kalau selain nyenengin keluarga dengan kreasi kreasi kita.

Sekaligus melestarikan minuman khas ibukota kite, ade nyang tau Beer Pletok kagak bun, entu tu minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah,

yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional eni dikenal di kalangan etnis Betawi. Supaye warnanye lebih menarik, orang Betawi biasanye nambahin kayu secang, yang akan memberikan warne merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol kok bun. Minuman eni berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat badan. Ni bahan bahanye bun

Bahan:
1 setengah liter air
2 sendok gula pasir
1 batang kayu manis
3 batang serai
50 gram jahe
1 jumput kayu secang
1 lembar daun pandan
Setengah sendok teh garam
Setengah sendok teh kopi bubuk

Cara Membuat:
Pertama rebus dulu air sampai mendidih ya bun, lalu masukkan kayu manis terlebih dahulu, serai, kopi bubuk jahe, daun pandan dan kayu secang, tunggu sampai aromanya harum. Setelah tercium aroma harum tandanya kita mesti nambahin gula pasir dan garam, terus kecilkan apinye dan tunggu ampe 15 menitan ye bun. Terahir tuangkan ke gelas selagi masih anget, taraaaa jadi deh bir nye bun semalat menikmati yee ^_^.
Baca juga: Cara Memasak Sayur Asem

Tips:
Untuk jahe bisa pakai jahe merah atau jahe yang lain, tapi sebelumnya bersihkan dan geprek dulu. Bagi yang belom tau kayu secang ni bentuknya

Info:
Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, banyak masyarakat betawi yang tergoda untuk mencoba minum bir seperti yang banyak dilakukan oleh bangsa barat. Namun setelah melihat efeknya yang kurang baik karna membuat orang menjadi mabuk dan selain itu juga melanggar ajaran agama. Maka beberapa Orang betawi mencoba meracik bir yang dapat menghangatkan badan ,namun tidak menyebabkan efek samping mabuk. Akhirnya terciptalah bir pletok yang rasanya nikmat,berkhasiat menghangatkan badan dan memiliki khasiat-khasiat lainnya yang juga menyehatkan tubuh.

Adapun khasiat jahe antara lain:
Mampu meredakan nyeri lambung dan memulihkan radang sendi. Jahe terbukti berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin. Sifatnya yang menghangatkan tubuh juga dipercaya mengurangi rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan. Penelitian lain menyebutkan, kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan napsu makan. Jahe juga melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung.

Senyawa aseton dan methanol pada jahe juga mampu menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan. Manfaatnya, nyeri lambung bisa dikurangi dengan mengonsumsi jahe. Peradangan pada arthritis/radang sendi juga bisa ditanggulangi dengan banyak mengonsumsi jahe karena jahe menghambat produksi prostaglandin—hormon dalam tubuh yang dapat memicu peradangan. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tubuh menjadi hangat, darah mengalir lebih lancar dan tekanan darah menurun.

Jahe Juga mengandung senyawa cineole dan arginine yang mampu mengatasi ejakulasi dini. Senyawa ini juga merangsang ereksi, mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma. Tak salah jika orang pun menjulukinya sebagai aphrodisiac foodatau makanan pendongkrak gairah seksual, istimewa bukan? Pengobatan kanker indung telur, jahe merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Mencegah kanker kolon, karena jahe juga bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal.

Penyembuhan mual akibat hamil, hasil pengamatan dari beberapa studi menunjukkan, jahe juga sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi mual yang dipicu oleh kehamilan. Meredakan migraine, penelitian menemukan, jahe bisa meredakan rasa sakit migrain dengan cara menghentikan kerja prostaglandin, penyebab rasa sakit dan peradangan si pembuluh darah. Meredakan kram, dalam sistem pengobatan China, jahe juga digunakan untuk mengatasi kram masa menstruasi.

Entu die bun lengkap kan aye kasih, pegimane buatnye bahannye, sejarahnye, tipsnye, sampe khasiatnye, tapi jangan Lupe ye bun mampir terus ni di mari biar makin banyak menunye. Nah kalo bunda kepengen komen dan ade rekues menu kagak usah malu tulis aje, entar aye usahain ye bun. Trimakasih untuk waktunye like dan shre ye bun sampe ketemu besok ^_~.