Rabu, 22 November 2017

Cara Membuat Bandrek Jahe Merah

Sukaraja.com- Cara Membuat Bandrek Jahe Merah- Masih sehat kan bun.. kan sudah sarapan tiap pagi dengan Seblak Cekernya semoga bisa bermanfaat ya bun, nah di posting kelima ini ada minuman yang wajib bunda bikin terutama saat musing hujan seperti saat ini.

Yang pasti mudah, murah dan sehat bagi kesehatan keluarga, apa ya kira kira hihi, pernah denger Bandrek kan bun itu tu minuman yang bisa bikin badan anget dan nambah semangat bagi yang minum. Apalagi bahannya jahe merah yang sangat mudah bunda temuin di sekitar kita.

Seperti yang bunda tau jahe merah punya segudang manfaat dan minim efek samping, diantaranya menguatkan hati, merangsang kekebalan tubuh, mencegah kemandulan, merangsang keluarnya asi, anti pendarahan diluar haid dan masih banyak lagi, yang pasti bunda harus Bisa bikinnya. Praktek langsung yuk bun siapin dulu bahannya.

Bahan:
200 gram gula merah
2 siung sereh
2 lembar daun pandan
200 gram jahe merah
3 sendok makan gula pasir
650 mili liter air bersih
2 sendok makan susu kental manis

Cara membuat:
Bakar jahe merah sampai tercium aroma wangi tapi jangan gosong ya bun, selanjutnya rebus gula merah dan gula pasir sampai agak mendidih. Kemudian masukkan jahe merah yang sudah dibakar tadi, daun pandan dan sereh.

Tunggu kurang lebih 10 menitan bun saring dan tuang kedalam gelas dan tambahkan susu kental manis aduk sampai merata. Taraaa Bandrek Jahe Merah penuh khasiatnya sudah siap di sruput bersama keluarga.Baca Juga: Cara Memasak Seblak Ceker

Tips:
Jika masih terasa kurang manis atau kemanisan bisa disesuaikan susu kental manis atau gulanya.

Info:
Apa itu Bandrek? Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupunmalam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya.

Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orangIndonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya. Di Bandung, biasanya penjual menambahkan sejumput kerukan kelapa untuk menambah cita rasa dari Bandrek tersebut. Bandrek biasa dikonsumsi bersama kacang rebus, ubi jalar rebus, dan juga gorengan.

Itulah sedikit buat hari ini ya bunda semoga bermanfaat dan menjadi perekat kehangatan keluarga. Bagi yang ingin berkomentar silahkan tulis di bawah postigan ini untuk kunjugannya trimakasih ~_^.