Selasa, 28 November 2017

Cara Membuat Bajigur Ala Sukaraja

Sukaraja.com- Cara Membuat Bajigur, ketemu lagi bunda, masih bersama saya yang selalu di kangenin, postingannya hihi, bagaimana? Sehat sehat dan pasti berkhasiat kan menunya, memang pendahulu kita merupakan penduduk yang ramah, sehat, suka menolong dan kreatif pastinya, saat ini giliran kita yang mewarisi kuliner nusantara jangan sampai budaya luhur ini punah ditelan zaman yang makin tak menentu.

Yah ngomong apaan sih saya bun? Hahaha bingung sendiri, oke untuk hari ke 11 ini mari sama sama melestarikan salah satu minuman khas Indonesia kita, yup Bajigur, masih dari Sunda ya bun, dan mirip2 bandrek atau beer pletok, tapi beda racikannya. Yuk langsung siapin bahannya:

Bahan:
5 sendok teh kopi bubuk
Setengah sendok teh garam
125 gram gula merah
750 mili santan kelapa
1 bungkus vanili
150 gram kolang kaling yg di iris memanjang

Cara Membuat
Panaskan air santan kemudian masukkan garam dan gula jawa, aduk aduk perlahan sampai mendidih tapi apinya cukup sedang saja. Setelah mendidih masukkan kolang kaling yang sudah di rebus sebelumnya agar lembut dan juga vanili aduk perlahan dan bajigur ala bunda siap di hidangkan. Baca Juga : Cara Memasak Mie Aceh

Tips:
Sebelumnya usahakan rebus dan iris kecil kecil kolang kalingnya, bisa juga di ganti dengan yang lain sesuai selera ya bun.

Info:
Apa itu Bajigur?Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerahJawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubukvanili.

Minuman yang disajikan hangat ini biasa dijajakan bersama Bandrek,kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain sebagainya dalam satu gerobak. Dalam penyajiannya, kadangkala ditambah dengan sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam Bahasa Sunda) yang diiris tipis. Bajigur paling pas untuk dinikmati kala hujan ataupun cuaca dingin.

Seiring dengan perkembangan zaman, Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat, tujuannya agar bisa dinikmati secara praktis kapanpun dan di manapun tanpa harus repot-repot membuat. Akan tetapi terasa beda jika buatan sendiri untuk di sajikan pada keluarga.

Itulah tadi Cara Membuat Bajigurnya bunda, cukup sederhana kan? Mudah mudahan tulisan ini bisa menambah pengetahuan bunda sekalian 😊 dan bagi yang lebih faham dan ingin berkomentar silahkan tulis di bawah pos ini. Jangan lupa ya bun like share nya, trimakasih sudah mau berkunjung sampai jumpa besok dengan menu berbeda tentunya 😅 .