Sabtu, 25 November 2017

Cara Memasak Sayur Asem Ala Sukaraja

Sukaraja.com- Cara Memasak Sayur Asem- Selamat pagi bunda... apa kabar hari ini? Masih sehat sehat aja kan! Seperti biasanya semoga bunda yang cantik cantik dan mau berkunjung lagi kesini senantiasa dimudahkan urusannya di perlancar rezekinya di jauhkan dari bahaya juga semakin di kasihi keluarga ^_^.

Nah kalo kemaren kita sudah praktekin bikin Es Cendol maka hari ini kita akan sama sama belajar Cara Memasak Sayur Asem ya bun.. dan bagi yang lebih pengalaman mohon masukannya, langsung saja kita siapin dulu bahan untuk posting ke delapan kita kali ini:

Bahan:
1 mangkuk potongan nangka muda
1 mangkuk kacang tanah yang sudah di kupas
2 tongkol jagung manis
5 buah kacang panjang
1 buah labu siam
1 liter air bersih
2 lembar daun salam
Setengah ruas lengkuas
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya
3 butir kemiri
5 sendok Minyak sayur
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah
Setengah sendok teh terasi
Setengah sendok teh asam

Cara Memasak:
Pertama tumis sebentar bawang merah, bawang putih, gula merah juga cabe kemudian angkat dan haluskan menggunakan cobek, tambahkan terasi, kemiri, dan asam, ulek hingga halus ya bun.. selanjutnya cuci bersih semua bahan mentah, dan potong menjadi pendek kacang panjangnya biar gak kepanjangan ya bun :p, potong juga labu buat bentuk dadu kecil kecil terahir potong juga jagung manisnya menjadi 8 irisan atau lebih.

Lalu siapkan panci untuk merebus air hingga mendidih baru masukkan bahan yang lama masaknya terlebih dahulu seperti kacang tanah, nangka dan jagung, sebab bahan bahan tadi akan membutuhkan lebih lama waktu untuk menjadi lembut. Lanjutkan dengan menambahkan bumbu yang sudah dihaluskan juga daun salam beserta lengkuas yang sudah di geprek. Tunggu sampai nangka agak empuk lalu masukkan labu dan kacang panjang, nah tinggal nunggu sampai matang bun dan Sayur Asem siap di sajikan. Baca Juga: Cara Membuat Es Cendol

Tips: Sayur asemnya bisa juga di tambahkan bahan lainnya ya bun bisa melinjo, kangkung, atau ikan asin tinggal di sesuaiin urutannya.

Info:
Apa itu Sayur Asem? sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khasIndonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin.

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda,melinjo, belimbing sayur, labu siam,kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini.

Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengansambal.

Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.

Itulah tadi Cara Memasak Sayur Asemnya semoga bermanfaat ya bunda... dan bagi yang mau berkomentar silahkan tulis di bawah postingan ini, jangan lupa like dan share nya. Teimakasih sudah berkunjung ^_~.