Senin, 20 November 2017

Cara Memasak Rendang Jengkol


Sukaraja.com - Cara Memasak Rendang Jengkol,- selamat pagi bunda gimana resep Masakan kemaren? Sudah disajikan keorang terdekat , atau masih belum cocok dengan menunya? Sekiranya belom cocok.

Di postigan kedua ini akan saya sajikan menu yang hampir 90% disukai penduduk indonesia, dan tentunya hanya ada di Nusantara kita.

Baiklah menu yang akan kita masak kali ini adalah Rendang Jengkol, bagaimana memasaknya? Sabar sabar sebelum itu kita siapkan dulu peralatan tempurnya ya bun hihi.

Bahan:

Setengah kilo Jengkol tua
1 buah kelapa yang sudah dijadikan santan
250 gram cabe merah
100 gram cabe rawit
10 siung bawang merah
12 siung bawang putih
3 cm jahe
5 cm kunyit
7 cm Laos
3 batang sereh
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 butir pala
10 butir lada
1 sendok ketumbar
Minyak secukupnya

Cara Memasak:
Rebus Jengkol, daun sereh, Laos, dan daun salam agar bau dari Jengkol yang menyengat hidung bisa hilang, kurang lebih selama 30 menit.

Setelah Jengkol menjadi lunak maka kulitnya akan mengelupas, Setelah itu pukul-pukul jengkol diatas cobek atau talenan sampai bentuknya agak melebar, sehingga bumbu akan bisa terserap ya bun.

Selanjutnya haluskan semua bumbu selain daun salam dan daun jeruk, tumis bumbu tambahkan gula garam tunggu sampai harum dan matang. Kemudian tuangkan santan aduk sampai tercampur semua, terahir bun biarkan santan mengental.

Baca Juga: Cara Memasak Kentang Goreng Sambal

Tips:
Pada saat menunggu santan mengental aduk sesekali dan bagi yang menyukai pedas komposisi cabe bisa di sesuaikan.

Itulah sedikit tips dari saya semoga bermanfaat ya bunda, bagi yang mau Berkomentar silahkan tulis di bawah artikel ini, da jangan lupa like dan share ya semoga bermanfaat ~_^ trimakasih.