Rabu, 29 November 2017

Cara Memasak Gulai Patin Khas Jambi

Sukaraja.com- Cara Memasak Gulai Patin Khas Jambi, ketemu lagi kan bunda di pagi hari yang indah ini, sebelumnya trimakasih sudah setia mengunjugi tulisan saya, sebagai balasannya pada pos ke 12 kali ini mari sama sama kit sajikan Gulai Patin khas dari Provinsi Jambi untuk keluarga tercinta ya bunda.

Gulai patin ini sangat di gemari di daerah Jambi, bengkulu, lubuk linggau, musirawas, bahkan sampai Palembang tetapi biasanya ada sebutan lain yaitu Pindang Patin, kalau bunda ke salah satu daerah tadi jangan lupa untuk mencicipi nya ya ^_^. Nah sekarang mari persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu.

Bahan:
2 ekor Ikan Patin bersihkan dan potong jadi beberap bagian
2 lembar daun salam
2 cm serai
1 Setengah sendok garam
1 Sendok teh gula
1 Sendok makan Tempoyak
3 sendok minyak sayur
Air bersih secukupnya

Baumbu halus:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 centi kunyit
4 butir kemiri
Setengah sendok teh lada
2 centi jahe

Cara Memasak:
Haluskan terlebih dahulu bumbu bumbu yang sudah di siapkan kemudian tumis sampai tercium bau wangi di hidung bunda ^_^, tambakan garam dan juga gula pasir Setelah itu masukkan air aduk perlahan, Setelah air agak mendidih masukkan Ikan patinnya masukkan juga Tempoyak, aduk perlahan sampai merata dan bumbu meresap kedalam daging ikan Tunggu hingga matang sempurna, nah gulainya siap di sajikan bunda. Baca juga: Cara membuat Bajigur

Tips:
Setelah Ikan patin dibersihkan taburi garam dan air jeruk nipis biar bau amis dari ikannya hilang ya bun, waktu penyajian bisa di tambahkan cabai atau seledri sesuai selera, bagi yang tidak suka Tempoyak bisa di ganti denfan santan kelapa, dan jika pakai santan kelapa airnya jangan digunakan ya bun nanti bisa jadi kolam 😂.

Info:

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat. Selain tempoyak bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan Gulai Ikan Patin ini adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih.


Gulai adalah masakan berbahan bakudaging ayam, aneka ikan, kambing, sapi,jeroan, atau sayuran seperti nangkamuda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lainkunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe,cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis danjintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

Nah itu tadi posting ke 12 kita ya bunda, semoga bisa menambah daftar menu yang bunda bunda sajikan untuk keluarga di rumah atau menu di warung makannya. Bagi yang mau berkomentar silahkan tulis di bawah postingan ini, dan trimakasih sudah mau berkunjung di tempat saya. Jangan lupa like dan share nya ya bun. Sampai jumpa lagi besok di menu yang berbeda.